BPKP Malut Kawal Percepatan Pelaksanaan PSN PT AMI

.

HALMAHERA UTARA - Salah satu Proyek Prioritas Strategis Nasional adalah Program Pembangunan Smelter. PT Alchemist Metal Industry (AMI) merupakan salah satu perusahaan yang telah ditetapkan sebagai penanggung jawab Program Pembangunan Smelter pada Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021. Dalam rangka percepatan pelaksanaan PSN, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menurunkan tim untuk melaksanakan Reviu Tata Kelola PSN pada PT AMI Triwulan II Tahun 2022.

Proyek pembangunan Smelter yang mengelola sektor pengolahan dan pemurnian komoditas pasir besi dan vanadium ini berada kawasan industri yang dikelola oleh PT Emerald Ferrochromium Industry (PT EFI) dan berlokasi di Desa Gulo, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Berdasarkan master plan, proyek pembangunan smelter oleh PT AMI akan dapat memproduksi 1.600.000 ton Pig Iron per tahun dan 22.000 ton V205 tablet per tahun, serta membutuhkan luas lahan sebesar ±533 hektar dan sumber daya manusia sebanyak 2.000 tenaga kerja.

Dengan adanya kegiatan reviu ini, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diharapkan mampu berperan dalam mengawal percepatan pelaksaaan PSN khususnya pada PT AMI, sehingga proyek ini dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan hilirisasi sumber daya alam dan alih teknologi dan penggunaan produk dalam negeri, menggandeng kemitraan dengan UMKM setempat, meningkatkan intensitas ekspor khususnya pasir besi dan vanadium, serta mendorong pembangunan wilayah Indonesia Timur.

(Kominfo BPKP Malut/Zulfikar)