BPKP Dukung Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi PISEW

.

PONTIANAK (27/6/2022) – Sampaikan Lesson Learned Pengawasan PISEW, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat beri rekomendasi guna tindak lanjut program PISEW tetap berada pada koridor yang telah ditentukan dan juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan PISEW.

Setelah kick off meeting Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) pada tanggal 14-16 Juni 2022 berlangsung, kini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat lakukan Rapat Koordinasi Awal Kegiatan PISEW Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 27 Juni 2022 di Orchardz Hotel Ayani, Pontianak, dengan menghadirkan BKAD dan pihak yang terlibat pada kegiatan PISEW tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Jonchon Samosir didaulat menjadi narasumber untuk menyampaikan lesson learned pengawasan PISEW.

“Program PISEW merupakan program  peningkatan dan pengembangan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman di kecamatan yang dilaksanakan dengan pola kegiatan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat,” ujar Plt. Kepala Perwakilan.

Plt. Kepala Perwakilan juga mengatakan bahwa untuk menilai keberhasilan Kementerian PUPR dalam melaksanakan atau menyelenggarakan program PISEW berdasarkan indikator penilaian yang ditetapkan dan memberikan rekomendasi jika dijumpai kelemahan dalam kaitannya dengan peningkatan efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan program tersebut BPKP melakukan pengawasan dengan metode audit kinerja.

Pada acara tersebut, Plt. Kepala Perwakilan juga menyampaikan berbagai hal, mulai dari permasalahan, kelemahan, dan hambatan yang dapat menurunkan kualitas pelaksanaan program PISEW tersebut. Untuk menangani berbagai hal yang ditemukan selama audit tersebut, BPKP memberikan rekomendasi sebagai tindak lanjut dalam membuat program PISEW berjalan efektif dan efisien, taat  terhadap peraturan perundang-undangan dan andal dalam pelaporan di tingkat provinsi.

Rapat Koordinasi Awal Kegiatan PISEW Provinsi Kalimantan Barat Tahung Anggaran 2022 tersebut dimoderatori oleh PPK Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat Ayu Juwita. Selain Plt. Kepala Perwakilan, hadir pula Perwakilan dari Tim Pengawasan dan Pengendalian Pusat Kementerian PUPR Winda Laksana yang memberikan pemaparan tentang kebijakan kegiatan PISEW dan petunjuk teknis kegiatan PISEW.

 

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)