Perubahan Dinamika Pengawasan, Auditor Intern Pemerintah Terus Berbenah

.

MAKASSAR (13/06/2022) - Sebanyak 28 peserta dari Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Maluku. Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda pada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai mitra pemerintah, auditor berkerja untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan berjalan dengan akuntabel dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karenanaya penting bagi auditor untuk diberikan pendidikan dan pelatihan demi menunjang pelaksanaan penugasan pengawasan yang efektif, efisien, dan profesional.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Rizal Suhaili menjelaskan pentingnya meningkatkan kinerja. “Yang paling muda tambah giat yang sudah senior juga tetap semangat. Tidak ada kata berhenti dalam belajar. Auditor harus selalu belajar,” jelasnya.

Standar dan peraturan-peraturan menjadi dasar bagi auditor untuk bekerja, dalam perkembangannya standar dan peraturan ini akan berubah mengikuti dinamika. Penting bagi auditor untuk selalu mengingkatkan pengetahuan baik dengan pendidikan formal maupun melalui pelatihan-pelatihan. “Perubahan karir lebih terbuka, siapkan diri anda untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas,” tambahnya.

Auditor Intern Pemerintah dan Inspektorat adalah juga bagian dari sistem pengawasan. Sebagai lini ke tiga dari sistem tiga lini pertahanan, Auditor Intern Pemerintah dan Inspektorat bertugas untuk memastikan pengendalian internal di setiap unit kerja Organisasi Perangkat Daerah telah berjalan dengan baik. Pengendalian dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus-menerus, dengan mengikuti diklat ini para peserta akan mendapatkan tambahan pengetahuan sehingga dapat memberikan kontribusi lebih baik bagi daerah masing-masing. Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda diselenggarakan mulai 27 Juni sampai dengan 7 Juli 2022.

(Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)