BPKP Aceh Gelar Validasi Reviu Penyerapan APBD dan Pengadaan Barang Jasa

.

BANDA ACEH (22/6/2022) – Perwakilan BPKP Aceh berkolaborasi dengan Inspektorat Aceh menggelar acara validasi reviu PAPBJ yang dilakukan olen 24 Inspektorat se-wilayah Aceh.

Acara ini bertujuan melakukan validasi hasil reviu Inspektorat atas penyerapan APBD dan pengadaan barang/jasa Triwulan II Tahun 2022 agar diperoleh ketepatan, serta keakuratan informasi dan rekomendasi yang disampaikan. Demikian disampaikan Priyanta Eka N, Korwas APD 2 Perwakilan BPKP Aceh saat membuka acara tersebut didampingi Irban 4 Inspektorat Aceh.

Acara ini dihadiri oleh tim reviu dari 24 Inspektorat se-wilayah Aceh, selama dua hari mulai 22 Juni 2022 untuk selanjutnya hasil reviu dituangkan dalam laporan hasil reviu masing-masing Inspektorat.

Berkenaan hal tersebut, Irban 4 Inspektorat Aceh menyampaikan arahan agar tim Inspektorat berperan aktif menjaga validitasi dan keakuratan data realisasi, sehingga tidak ada distorsi informasi bagi kepala daerah saat mengambil kebijakan penyerapan APBD Tahun 2022.

Dengan laporan hasil reviu ini, kepala daerah dapat memantaui realisasi penyerapan anggaran TA 2022 setiap triwulannya.

Dalam acara ini, BPKP juga menyampaikan amanat Menteri Keuangan agar pemerintah daerah yang memiliki kewajiban kepada pemerintah pusat tentang Sisa BOS TA 2011 segera menindaklanjuti dengan pengembalikan ke Kas Negara.

 

(Kominfo BPKP Aceh)