BPKP Malut Dampingi APIP Kep. Sula Tingkatkan Level Kapabilitas

.

KEPULAUAN SULA - Pentingnya kapabilitas APIP dan maturitas SPIP di daerah menjadi perhatian khusus BPKP. Untuk itu, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan bimbingan teknis peningkatan kapabilitas APIP pada Inspektorat Daerah Kabupaten Kepulauan Sula.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Kepulauan Sula selama empat hari pada tanggal 17-20 Mei 2022 yang dibuka oleh Inspektur Pembantu II Irwan M. Nur didampingi Inspektur Pembantu III Machful Sasmito.

Dalam sambutannya, Irwan M. Nur menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan level kapabilitas APIP Daerah Kabupaten Kepulauan Sula melalui peningkatan tata kelola dan peran APIP.

Materi disampaikan oleh Auditor Madya Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Rizal beserta PFA Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP. Rangkaian materi bimtek antara lain Pemenuhan Elemen Kapabilitas APIP, Evaluasi maturitas SPIP, Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR), serta implementasi Aplikasi Siswaskeudes.

Diharapkan dengan bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparat pengawasan di daerah, serta meningkatkan level kapabilitas APIP.

(Kominfo BPKP Malut/Kurniawan)