Sinergi Pengawasan Bansos Maluku Utara

.

TERNATE (9/6/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan kerja Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara Kombes Pol Eko Trisnanto. Kedatangan Irwasda dalam kesempatan ini didampingi oleh Inspektur Bidang (Irbid) AKBP M. P. Sitanggang. Irwasda disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto di ruang kerjanya didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang IPP Daniel dan Pengendali Teknis Didi Permana.

Irwasda Polda Malut Kombes Pol Eko Trisnanto menyampaikan tujuan kedatangannya untuk berkoordinasi terkait beberapa pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Itwasda Polda Malut bersama dengan Perwakilan BPKP Maluku Utara. Dalam hal ini, Eko mengapresiasi kinerja BPKP khususnya dalam melakukan pengawasan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Irwasda juga menyampaikan bahwa Polda Malut tahun ini mendapatkan penugasan untuk melakukan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga perlu mendapatkan saran dari BPKP. Karena Tim BPKP Malut saat ini juga sedang merencanakan evaluasi terhadap realisasi penyaluran bantuan sosial, disepakati bahwa Tim Inspektorat Polda Malut akan bergabung untuk melihat dan mempelajari proses evaluasi terhadap realisasi penyaluran bansos.

Lanjutnya, Irwasda menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu mereka mengikuti video conference dengan Kepala Polri, Kepala BPKP dan para Deputi Kepala BPKP, serta Kepala LKPP terkait dengan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN). Menindaklanjuti hal tersebut, Eko ingin berkoordinasi lebih lanjut dan meminta pendampingan BPKP terkait P3DN tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto juga menyampaikan apresiasi kepada Polda Malut yang telah bekerja keras menyukseskan program vaksinasi Covid-19 dan kepada jajaran Itwasda Polda Malut yang ikut membantu pengawasan pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, Edy juga menyampaikan bahwa BPKP akan selalu siap mendampingi pengawasan yang dilakukan oleh Itwasda Polda Maluku Utara.

(Kominfo BPKP Malut/April)