BPKP Malut Bimbing APIP Halbar Implementasikan Siswaskeudes

.

TERNATE (3/6/2022) - Dalam rangka pengawalan terhadap pengelolaan keuangan desa, Inspektorat Daerah Kabupaten Halmahera Barat mengikuti coaching clinic implementasi Aplikasi Siswaskeudes di Ruang Rapat Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara.

Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) merupakan alat bantu bagi APIP Kabupaten/Kota dalam melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa dengan pendekatan berbasis risiko dan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK).

Pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa merupakan bagian dari upaya meningkatkan akuntabilitas penggunaan keuangan negara, khususnya pada pemerintah desa.

Siswaskeudes diharapkan dapat dimanfaatkan oleh APIP untuk menentukan risiko-risiko dalam tata kelola keuangan desa mulai perencanaan sampai pertanggungjawabannya dan ke depannya pengelolaan keuangan oleh pemerintah desa menjadi lebih baik dan akuntabel.

Dengan kemajuan teknologi informasi, penggunaan aplikasi dapat digunakan sebagai bagian dari upaya mempermudah pengawalan terhadap keuangan desa. Aplikasi Siswaskeudes memungkinkan pelaksanaan pemeriksaan atas tata kelola keuangan desa dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, mengingat jumlah desa yang cukup banyak sedangkan jumlah anggaran untuk kegiatan audit dan jumlah auditor sangat terbatas.

(Kominfo BPKP Malut/Riris)