Ketahanan Pangan Jadi Isu Prioritas BPKP Kalbar

.

PONTIANAK (22/4) – Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat terpilih menjadi salah satu dari 17 perwakilan penyelenggara Rakorwas Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah Tahun 2022.  Teknis penyelenggaraan dibahas dalam rapat bersama Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

Perwakilan BPKP harus dapat mengidentifikasi current issue yang berkembang di daerah. Dengan begitu BPKP dapat secara lebih efektif memberikan manfaat kepada pemerintah daerah dan masyarakat.

Melalui wadah Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah (Rakorwasinkeubangda), current issue digodok untuk dapat mengetahui apa dan bagaimana langkah pengawalan terhadap current issue itu dilakukan dengan didasari diskusi bersama pihak-pihak yang berkaitan.

Tahun 2022, Rakorwasinkeubangda menjadi kegiatan pengantar dan pendukung dari Rakorwasnas di lingkup Kantor Pusat sebelum HUT BPKP. "Untuk itu, diharapkan pelaksanaan Rakorwasinkeubangda di daerah dapat dilakukan sebelum pelaksanaan Rakorwasnas yang direncanakan terselenggara pada 25 Mei 2022," demikian disampaikan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Akuntabilitas Keuangan Daerah Raden Suhartono didampingi Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah Arman Sahri Harahap dalam siaran zoom meetings bersama 17 perwakilan BPKP se-Indonesia pada Jumat, 22 April 2022 di Ruang Kerja Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD, Kantor BPKP Pusat.

Lebih lanjut, Raden juga mengatakan bahwa Perwakilan BPKP dapat memilih current issue yang bisa dijadikan sebagai tema penyelenggaraan kegiatan Rakorwasinkeubangda di daerah masing-masing.

Terkait hal tersebut, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menjadi salah satu dari 17 perwakilan yang dipilih sebagai penyelenggara Rakorwasinkeubangda di Kalimantan Barat Tahun 2022.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat Barlian Fransiskus Saragih, Koordinator Pengawasan Bidang APD Jonchon Samosir, Koordinator Pengawasan Bidang P3A B. Fredy Joko Susilo, Kepala Bagian Umum Puji Basuki dan para subkoordinator di bagian umum menyampaikan bahwa penyelenggaraan Rakorwaskeubangda di Provinsi Kalimantan Barat direncanakan diselenggarakan pada Selasa, 17 Mei 2022.

"Untuk tema sendiri, kami mengangkat mengenai Ketahanan Pangan yang menjadi salah satu APPD di Kalimantan Barat," ujarnya.

Di penghujung kegiatan, ia berkomitmen menyiapkan segala keperluan terkait kegiatan tersebut agar penyelenggaraan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)