Raker Pembinaan JFA Rumuskan Strategi Peningkatan Kapabilitas APIP

.

JAKARTA (25/4) – Telah diselenggarakan rapat kerja (raker) pembinaan JFA Tahun 2022 yang mengusung tema "Integrasi Pembinaan". Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ernadhi Sudarmanto menyampaikan arahan terkait dengan pembinaan APIP.

Ernadhi menyampaikan mengenai pentingnya penetapan standar dan pengendalian atas standar tersebut, termasuk di dalamnya petunjuk teknis yang dapat menjamin kualitas dan profesionalitas APIP. Ia berharap masukan yang konstruktif atas ukuran mutu pembinaan JFA dapat disepakati bersama.

Lebih lanjut, Ernadhi mengatakan bahwa raker ini merupakan solusi dari problem yang sering ditemui. Ia berharap jargon integrasi, sinergi, dan harmonisasi tidak muncul sebagai suatu statement saja, tetapi menjadi suatu aktivitas yang konkrit, serta materi tentang strategi dan design (pembinaan JFA yang ideal) dapat terwujud.

Raker pembinaan JFA Tahun 2022 ini diadakan untuk memastikan ketercapaian salah satu tugas BPKP selaku instansi pembina jabatan fungsional auditor dalam mendukung peningkatan kapabilitas APIP. Untuk itu, BPKP perlu menguatkan arah kebijakan dan strategi pembinaan JFA untuk mendukung seluruh kegiatan pengawasan. Raker pembinaan JFA dilaksanakan selama tiga hari dari 25-27 April 2022 dengan agenda pemaparan serta pembahasan konsep framework grand design pembinaan JFA serta arah, kebijakan, dan strategi pembinaan JFA tahun 2022. Raker ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pembinaan JFA BPKP Iwan Agung Prasetyo, seluruh insan Pusbin JFA, serta peserta dari Perwakilan BPKP seluruh Indonesia.

(Tim Kominfo/PSI/BAM).