BPKP Kalteng Inisiasi Pengawasan Kolaboratif Food Estate dan Shrimp Estate

.

PALANGKA RAYA (19/4/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono beserta jajaran mengadakan rapat koordinasi pengawasan kolaboratif program lintas sektoral. 

Dalam sambutannya, Bambang mengatakan bahwa rapat koodinasi tersebut digelar dalam rangka mendapatkan gambaran terkait implementasi pengawasan kolaboratif lintas sektor dari pemangku kepentingan, serta melakukan penilaian awal terhadap efektivitas dan akuntabilitas pembangunan food estate dan shrimp estate.

Program peningkatan penyediaan pangan nasional (food estate) yang bertujuan menjaga ketahanan pangan Indonesia sesuai amanah Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, serta program lintas sektoral untuk meningkatkan produksi dan produktivitas udang vename (shrimp estate) yang diinisiasi Gubernur Kalimantan Tengah dapat segera terwujud.

Saat ini, pemerintah pusat dan pemprov kalteng sedang melaksanakan pembangunan Proyek Strategis Nasional Food Estate dan Shrimp Estate yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Sukamara.

Karena pembangunan kedua proyek tersebut melibatkan sejumlah instansi daerah maupun vertikal di Provinsi Kalimantan Tengah, maka diperlukan pengawasan kolaboratif program lintas sektoral sebagai early warning bagi pemangku kepentingan atas kemajuan program, target, dan realisasi dari pembangunan food estate dan shrimp estate.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kanwil ATR/BPN, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II, dan Kepala Satker Penyediaan Perumahan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para perangkat daerah Prov. Kalteng, yakni: Kepala Bappeda, Inspektur, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas PUPR, serta Kepala Dinas ESDM.

 

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)