Saku Desa, Inovasi BPKP Sulteng Cegah Korupsi Keuangan Desa di Sulawesi Tengah

.

PALU (22/4/2022) – Di Aula Graha Audita Gedung Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah digelar Rapat Koordinasi Program Inovasi Saku Desa [Pencegahan Korupsi Keuangan Desa Basis Digital From Represif to Preventif] di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing menekankan pentingnya pencegahan korupsi di desa dan berharap semoga dengan teknologi e-banking dapat dengan mudah mendeteksi penyalahgunaan Dana Desa dan mohon dukungan dari KPK, bupati, inspektorat, Dinas PMD dan pihak bank untuk suksesnya program ini.

Kasatgas Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah Sulawesi Tengah Basuki Haryono. Ia mengatakan bahwa ada 900 kades yang tersangkut kasus penyalahgunaan Dana Desa. Untuk itu, KPK mendorong pemda untuk menuntaskan perda terkait desa, melakukan pendataan terhadap penyaluran dan pelaporan Dana Desa, dan mekanisme pengaduan masyarakat tentang keuangan desa

Sambutan ketiga disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Kepegawaian dan Keuangan Kab. Donggala selaku Perwakilan Bupati Donggala D.B Lubis. Ia meminta bantuan dari BPKP dan KPK untuk memberi bimbingan dan arahan untuk mengatasi persoalan penyalahgunaan Dana Desa.

Terakhir, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang telah memaparkan permasalahan di Kabupaten Sigi dan berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan Dana Desa. Ia juga berharap pengawasan Dana Desa berjalan dengan baik melalui inovasi ini.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dengan pihak Bank BRI dan Bank Sulteng. Dalam diskusi tersebut, Bank BRI sangat mendukung dan siap memfasilitasi program ekosistem pembayaran transparansi Dana Desa ini. Senada dengan Bank BRI, Bank Sulteng juga siap untuk mendukung pencegahan korupsi Dana Desa dengan transaksi nontunai

Acara ditutup dengan menandatangani Piagam Komitmen Bersama Pencegahan Korupsi Keuangan Desa Berbasis Digital/e-banking/Non Tunai Saku Desa (From Repressif to Preventif) oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Kasatgas Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah Sulawesi Tengah, Perwakilan Bupati Donggala, Bupati Sigi, Inspektorat Provinsi Sulawesi Tengah, Inspektorat Kabupaten Donggala, Inspektorat Kabupaten Sigi, Dinas PMD Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas PMD Kabupaten Donggala, Dinas PMD Kabupaten Sigi, Perwakilan Bank BRI, dan Perwakilan Bank Sulteng.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kasatgas Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah Sulawesi Tengah Basuki Haryono, Asisten Administrasi Umum Kepegawaian dan Keuangan Kab Donggala selaku Perwakilan Bupati Donggala D.B Lubis, Bupati Sigi Mohamad Irwan, Inspektorat Provinsi Sulawesi Tengah, Inspektorat Kabupaten Donggala, Inspektorat Kabupaten Sigi, Dinas PMD Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas PMD Kabupaten Donggala, Dinas PMD Kabupaten Sigi, Perwakilan Bank BRI, dan Perwakilan Bank Sulteng.

 

(Kominfo BPKP Sulteng)