Pelatihan Reviu Laporan Kinerja Pemerintah Daerah oleh BPKP Sulsel

.

MAKASSAR (22/4/2021) - Pelaksanaan Diklat Reviu Laporan Kinerja bagi 32 pegawai Inspektorat Dearah telah selesai diselenggarakan. Pelatihan diselenggarakan selama 50 jam pelatihan sejak 18 April hingga 22 April 2022 di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan.

"Setelah pelatihan reviu laporan kinerja pemerintah daerah agar jangan berhenti sampai di sini, tetapi ada kelanjutan (pelatihan) untuk kami bisa mengikuti," ungkap Asep Kamarea salah satu peserta diklat yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Membramo Raya. Sejalan yang sampaikan oleh Asep, Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili juga berpesan kepada para peserta untuk terus belajar berkelanjutan, memperbanyak referensi, dan membuka diri dengan berbagai informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan.

Pelaksanaan Reviu Laporan Kinerja Pemerintah Daerah merupakan upaya assurance APIP kepada pemerintah daerah atas laporan kinerja telah disusun secara akurat, andal dan valid. Program kerja yang dibuat oleh pemerintah harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satu sasaran kerja pemerintah daerah yang terdapat pada laporan kinerja adalah meningkatnya derajat kualitas SDM dengan indikatornya, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mulai dari kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

"(Penilaian kinerja menilai) adakah program-program yang dicanangkan daerah itu menyentuh beberapa aspek IPM tadi," ungkap Rizal. Pengawasan Inspektorat daerah diperlukan dalam memastikan APBD yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri telah sesuai antara sasaran dan indikator kinerjanya. "Adalah tugas Bapak/ Ibu untuk mereviunya (rancangan APBD) dan memastikan keselarasan mulai dari program kegiatan, sub-kegiatan yang akan mendukung capaian indikator keberhasilan," tambahnya.

(Kominfo BPKPSulsel/ Dew)