BPKP Aceh Bahas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kab. Aceh Selatan

.

ACEH SELATAN (18/2/2022) - Dalam rangka pembahasan Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2022 di ruang rapat Sekda Kabupaten Aceh Selatan.

FGD yang diikuti oleh Tim BPKP, Sekda, Asisten Bidang Administrasi Umum, Inspektorat, Bappeda, BPKK dan seluruh OPD terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perkim, RSUD Dr. H Yuliddin Away, Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindagkop, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Dayah, dan Sekretariat MPD.

Topik utama yang dibahas dalam acara FGD tersebut berfokus pada upaya untuk menggali permasalahan utama penyebab inefektivitas dan inefisiensi pada perencanaan dan penganggaran kegiatan OPD di Tahun 2022.

Lebih penting dari itu, bagaimana mencari solusi dan tindak lanjut dalam menyikapi potensi inefektif dan inefisiensi berdasarkan hasil evaluasi. FGD ini bertujuan untuk menilai apakah program, kegiatan dan anggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

BPKP melakukan evaluasi terhadap perencanaan dan penganggaran pada tiga sektor, yaitu pendidikan, kesehatan, dan ketahanan Pangan ditemukan masih adanya subkegiatan yang berpotensi tidak efektif dan tidak efisien.

Dalam sambutan Sekda Kabupaten Aceh Selatan, ia menyampaikan terima kasih atas hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran pada Kabupaten Aceh Selatan dan ini akan menjadi pijakan untuk pembenahan perencanaan Kabupaten Aceh Selatan ke depan karena ia juga telah mendeteksi masalah ini sebelumnya. Hasil evaluasi BPKP menjadi pemacu untuk Kabupaten Aceh Selatan agar segera berbenah pada sisi perencanaannya. Dalam kesempatan ini, Sekda Kabupaten Aceh Selatan secara langsung meminta Kepala Bappeda agar mengumpulkan seluruh OPD untuk melakukan evaluasi seluruh perencanaan masing-masing OPD.

Inspektur Kabupaten Aceh Selatan dalam diskusi yang berjalan juga menyampaikan kegiatan reviu RKA sudah lima tahun tidak pernah dilakukan lagi, sehingga RKA yang diusulkan oleh seluruh OPD masih terdapat banyak kekurangan.

Pada kesempatan ini, Sekda Kabupaten Aceh Selatan dan OPD terkait menyampikan terima kasih dan akan menindaklanjuti hasil evaluasi ini sekaligus akan melakukan evaluasi menyuluruh dokumen Perencanaan OPD Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022 supaya realisasi menjadi lebih efektif dan efisien.

 

(Kominfo BPKP Aceh)