BPKP Sulsel Asah Skill APIP Reviu Laporan Kinerja Pemerintah Daerah

.

MAKASSAR (18/4/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Rizal Suhaili membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Reviu Laporan Kinerja Pemerintah Daerah. Diklat diselenggarakan di Kantor Diklat Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dan dihadiri Kepala Perwakilan dengan didampingi Kepala Bagian Umum Risparanto, para widiyaiswara, para peserta, dan panitia penyelenggara kegiatan diklat.

Peserta diklat berjumlah 32 pegawai dari Inspektorat di berbagai wilayah di Indonesia. Ketua Panitia Penyelenggara Diklat Risparanto dalam sambutannya menyampaikan melalui diklat ini para peserta akan dibentuk menjadi auditor yang profesional dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan agar berjalan secara efisien, efektif, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Para peserta nantinya akan mendapatkan berbagai materi pelatihan mulai dari tujuan dan sasaran strategis; indikator kinerja; pengumpulan data dan pengukuran kinerja; laporan kinerja dan penyajiannya; standar audit intern; tata cara reviu laporan kinerja, analisis data, penyajian data dan saran saran perbaikan; kertas kerja reviu laporan kinerja; serta penyusunan laporan reviu laporan kinerja pemerintah daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Rizal Suhaili dalam sambutannya menyampaikan para peserta akan mempelajari metode dan teknik dalam melakukan reviu atas laporan kinerja pemerintah. Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan agar program yang diselenggarakan oleh pemerintah bukan hanya tersampaikan tetapi juga harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Penyelenggaraan program pemerintah harus bisa memberikan dampak langsung kepada masyarakat, karenanya perlu adanya masukan kepada pemerintah daerah khususnya sejak awal perencanaan untuk melakukan perbaikan. Laporan Kinerja sendiri merupakan post-reviu, Rizal mengharapkan sudah ada evaluasi/reviu pada tahap perencanaan awal. "(Melalui) kegiatan kali ini Bapak/Ibu sekalian mendapatkan bekal yang lebih baik, sehingga mampu memberikan kontribusi kepada daerah masing-masing untuk memastikan anggaran dikelola dan menghasilkan tujuan sebagaimana yang diharapkan," ungkapnya.

(Kominfo BPKPSulsel/Dew)