Holistic Innovation, Kunci BPKP Kalteng Wujudkan Pelayanan Berkualitas

.

PALANGKA RAYA (7/4/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono didapuk sebagai salah satu narasumber untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar pembangunan zona integritas di wilayah BPKP Kalteng dalam rapat persiapan evaluasi reformasi birokrasi dan zona integritas Tahun 2022 yang dihadiri oleh lebih dari 40 unit kerja BPKP se-Indonesia.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut, Tim Satgas Zona Integritas BPKP Kalteng. Dalam paparannya, Bambang mengawali dengan proses tahapan pembangunan zona integritas yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalteng. Mulai dari peningkatan pada enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, hingga pelayanan publik.

Tak ketinggalan sejumlah inovasi unggulan hasil karya insan pengawasan Perwakilan BPKP Kalteng pun turut dijabarkan, mulai dari Library Café yang berfungsi sebagai collaborative working dan sharing knowledge bagi pegawai dan mitra kerja, Aplikasi Sistem Layanan Library Café dan Ruang Rapat (SILIBRA) untuk monitoring penggunaan ruang rapat library cafe, serta Aplikasi Semesta Informasi Korporat (SEIKAT) untuk profiling dan penilaian mandiri kinerja BUMD, BLUD, dan BUMDesa.

Selanjutnya, terdapat Aplikasi Sistem Monitoring Kediklatan (SIMONIK) untuk monitoring administrasi kediklatan pegawai, Aplikasi Sistem Informasi Arsip Dinamis (SARIDIN) yang digunakan untuk transformasi digital pengelolaan arsip kantor secara elektronik, hingga Aplikasi Buku Tamu Pengawasan (ABUNAWAS) untuk transformasi digital monitoring kunjungan tamu dan mitra kerja ke kantor BPKP Kalteng.

Bahkan Aplikasi SARIDIN dan ABUNAWAS saat ini sedang diujicobakan secara digital di unit kerja Biro Umum BPKP Pusat dan lima kantor Perwakilan BPKP, yakni Maluku Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sejumlah inovasi menyeluruh tersebut yang menjadi kunci dasar Perwakilan BPKP Kalteng dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan berintegritas (Holistic Innovation). Untuk itulah pada bulan Desember 2020 lalu BPKP Kalteng berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang dinobatkan oleh Kementerian PAN-RB.

Kini, Perwakilan BPKP Kalteng telah mempersiapkan diri untuk next level menjadi unit kerja menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Oleh karena itu ia juga memohon doa dan dukungan dari para peserta yang hadir agar BPKP Kalteng dapat terus berkontribusi mewujudkan pelayanan yang maksimal dan akuntabel bagi para mitra kerja di Bumi Tambun Bungai.***

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)