BPKP Kalteng Bantu Implementasi Siskeudes Online di Kotawaringin Timur

.

PALANGKA RAYA (31/3/2022) - Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online memiliki segudang manfaat, antara lain memperoleh data keuangan desa secara realtime dan update, kompilasi data lebih cepat, evaluasi APBDes lebih efektif, hingga deteksi dini masalah keuangan di desa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono dalam rapat koordinasi persiapan Siskeudes online di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang digelar di aula kantor BPKP Kalteng.

Lebih lanjut, Bambang Ari menyampaikan manfaat lainnya dari penerapan Siskeudes Online ini adalah penghematan anggaran perjalanan dinas desa, trouble shooting bisa langsung diatasi, akses dapat dikunci sebagai bentuk kontrol pada desa, serta mendukung pencapaian indikator Monitoring Center for Prevention (Siswaskeudes). Untuk itulah dalam implementasi Siskeudes Online dibutuhkan sarana penunjang, seperti server untuk penyimpanan data, perangkat komputer dan kapasitas bandwith yang memadai, hingga ketersediaan jaringan listrik dan internet di desa.

Sampai saat ini aplikasi Siskeudes telah diimplementasikan pada 168 desa se-Kabupaten Kotawaringin Timur sejak pertama kali digunakan pada tahun 2017. Aplikasi tersebut merupakan sistem informasi yang dibangun dan dikembangkan oleh BPKP dan Kementerian Dalam Negeri dan diperuntukan bagi pemerintah desa sebagai alat bantu perangkat desa dalam menatausahakan transaksi dan pelaporan keuangan desa yang akuntabel, dan wajib disampaikan oleh kepala desa kepada bupati/wali kota, hingga Menteri Dalam Negeri.

Rapat koordinasi persiapan Siskeudes Online turut dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Bidang Pemerintahan Rimbun, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sutimin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Poraktina Ike Heritha, Dinas Komunikasi dan Informasi, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, serta Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur.

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)