SIMDA Beri Kemudahan Pengelolaan Kas Daerah

.

BENGKULU (25/1/2022) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Penandatanganan Pembaharuan Perjanjian Kerja Sama Kasda Online bersama Pemda di Wilayah Provinsi Bengkulu dan Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa Bank Bengkulu harus membuat terobosan baru di dunia perbankan.

"Sekarang sektor perbankan itu yang dijual jasa pelayanan, kemudahan-kemudahan itu yang dijual sekarang," jelas Gubernur Rohidin. Pada Sosialisasi Aplikasi Simda Keuangan-Financial Management Information System (FMIS) dan Penandatanganan Pembaharuan Perjanjian Kerja Sama Kasda Online pada Pemda di Wilayah Provinsi Bengkulu yang berlangsung di Bank Bengkulu ini, ia berharap akan meningkatkan produktivitas dan kecepatan pelayanan keuangan khususnya terkait pencairan kas daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua sistem terkait dengan informasi pembangunan daerah dan keuangan daerah berbasis elektronik yang sudah ada sebelum peraturan menteri ini mulai berlaku untuk diintegrasikan ke SIPD. Akan tetapi, aplikasi SIPD yang dikembangkan oleh Kemendagri masih dalam tahap pengembangan terutama pada proses penatausahaan dan pelaporan.

Jadi dengan adanya Aplikasi SIMDA-FMIS ini semua hasil pemantauan dan evaluasi oleh pemerintah pusat bisa dijadikan dasar kebijakan fiskal nasional, transfer keuangan daerah dan pemberian sanksi/insentif ke depannya. Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Pembaharuan Perjanjian Kerja Kasda Online yang diikuti oleh semua bupati di Provinsi Bengkulu dan disaksikan oleh Gubernur Bengkulu.

(Kominfo BPKP Bengkulu)