BPKP Sumsel Dampingi Dinas PUPR Kelola Palembang City Sewerage Project

.

PALEMBANG (24/1/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Buyung Wiromo Samudro didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD Saut Parulian Pasaribu berserta tim BPKP, menyambut kedatangan Kepala Dinas PUPR Ahmad Bastari, beserta rombongan Pemerintah Australia yang diwakili oleh Ronald, Johannes, dan Desiree Lihawa. Kedatangan rombongan kali ini membahas surat permohonan Wali Kota Palembang tentang permintaan pendampingan oleh BPKP tentang pelaksanaan kegiatan pembangunan Pekerjaan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan Rumah Pompa Sumber Dana Hibah Australia.

Dalam kesempatan ini, pihak Dinas PUPR Kota Palembang menjelaskan perihal Pekerjaan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah dan Rumah Pompa Hibah Australia pada program Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang . Selain memaparkan mengenai bahan terkait, Ahmad Bastari juga menjelaskan terdapat isu-isu pada waktu pelaksanaan yaitu keterlambatan pembayaran, pandemi Covid-19, perpanjangan waktu, perubahan metode pelaksanaan, variation orders, penyesuaian harga, dan provisional sums.

Sebagai informasi, yang menjadi latar belakang dalam Palembang City Sewerage Project (PCSP) adalah Direct Financing Agreement (DFA) Perjanjian Hibah No.73826 dan revisi antara Pemerintah Australia (DFAT) dan Pemerintah Indonesia (Kementerian Keuangan). Selanjutnya, dilakukan Perjanjian Penerusan Hibah (PPH) antara Kementerian Keuangan dan Kota Palembang. Komponen terkait Palembang City Sewerage Project (PCSP), yaitu WWTP dan Rumah Pompa (Paket A2). Pengadaan dilakukan oleh ULP Kota Palembang dan Pelaksana Pekerjaan Dinas PUPR Kota Palembang. WWTP dan Rumah Pompa (Paket A2) merupakan komponen yang diminta oleh Dinas PUPR Kota Palembang untuk dilakukan pendampingan oleh BPKP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Buyung Wiromo Samudro, menyambut kepercayaan Wali Kota dan Dinas PUPR tersebut dengan optimis. Ia menyatakan kesiapan dan menginstruksikan kepada Koordinator Bidang APD yang dipimpin oleh Saut Parulian Pasaribu bersama tim untuk melakukan pendampingan dan reviu terhadap pekerjaan tersebut.

(Kominfo BPKP Sumsel)