Bupati Balut Minta Pendampingan Tata Kelola Keuangan Daerah dari BPKP Sulteng

.

PALU (11/1/2022) - Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa menyampaikan apresiasi atas dukungan BPKP dalam rangka peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Banggai Laut.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa masih banyak hal yang harus dibenahi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di daerahnya. “Saya selalu mendorong para pimpinan OPD untuk berkoordinasi dengan BPKP jika terdapat indikasi atau potensi permasalahan yang mereka temukan,” ungkap Sofyan. “Untuk itu, kami berharap BPKP tetap mendampingi kami dalam peningkatan akuntabilitas dan tata kelola keuangan daerah, termasuk tata kelola keuangan daerah yang dipisahkan (BUMD) dan Dana Desa, termasuk BUMDesa,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Sofyan juga menyampaikan keinginannya untuk membentuk badan usaha milik daerah dalam rangka mendukung dan mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Banggai Laut.

Sugimulyo, selaku Plh. Kepala perwakilan, menyambut baik harapan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut. Ia pun turut mengapresiasi cakupan vaksinasi yang melampaui capaian rata-rata Provinsi Sulawesi Tengah. Selanjutnya, Sugimulyo menyatakan bahwa BPKP selalu siap untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel. Pengelolaan keuangan daerah, termasuk BUMD, Dana Desa dan BUMDesa, harus didukung dengan tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian (governance, risk, and control/GRC) yang memadai. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati harus mengoptimalkan fungsi dan peran setiap pimpinan OPD. Setiap kegiatan OPD harus dipastikan mengarah pada pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banggai Laut.  

(Kominfo BPKP Sulteng, Muh. As’af/ Naufal)