BPKP Banten Perkuat SAKIP Pemkot Cilegon

.

CILEGON (28/12) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten R. Bimo Gunung Abdulkadir beserta Koordinator Pengawasan Bidang APD Tri Dasa Warsanto dan tim menghadiri Rapat Koordinasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. Rakor juga oleh Wali Kota Cilegon, Wakil Wali Kota Cilegon, Sekretaris Daerah, dan Pejabat Eselon II di Pemerintah Kota Cilegon yang bertujuan untuk bersama-sama membangun komitmen yang baik dalam pembangunan SAKIP dan reformasi birokrasi.

Wali Kota Cilegon menyampaikan, pihak BPKP Banten tengah membantu perbaikan nilai SAKIP yang saat ini masih B, nilai Reformasi Birokrasi yang saat ini masih C. Selain itu, BPKP juga membantu juga dalam proses perbaikan Indeks Kapabilitas APIP, dan segera mendampingi dalam perbaikan Indeks Manajemen Resiko.

R. Bimo dalam paparannya menyampaikan bahwa penilaian kinerja mencerminkan baik buruknya tata kelola pemerintahan. Salah satu kelemahan implementasi SAKIP adalah komitmen yang rendah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap penyusunan LAKIP. Kepala Perwakilan dalam kesempatan tersebut juga menyarankan agar membentuk Satgas Penyusunan LAKIP di Pemerintah Kota Cilegon dan menggunakan LAKIP sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja Kepala OPD sekaligus sebagai dasar pemberian reward dan punishment.

Dalam sesi terakhir, Koordinator Pengawasan Bidang APD memberikan materi secara teknis mengenai strategi peningkatan nilai LAKIP dan aspek penting penyusunan LAKIP kepada tim penyusun LAKIP tingkat OPD.

(Kominfo BPKP Banten)