BPKP dan APIP Awasi Vaksinasi Covid-19

.

JAKARTA (24/6) - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berkomitmen mengawal dan mengawasi vaksinasi Covid-19.
 
Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam dan PMK Iwan Taufiq Purwanto mengatakan, BPKP mengapresiasi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang telah banyak membantu pengawasan khususnya vaksinasi Covid-19. 
 
"Percepatan vaksinasi akan dibarengi pengawasan yang dilakukan bersama-sama sampai target herd imunity tercapai," katanya dalam Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi Bulanan, Kamis (24/6). 
 
Menurutnya, hasil pengawasan yang telah dilakukan  BPKP terhadap pelaksanaan vaksinasi akan dijadikan acuan dalam pengawasan vaksinasi periode berikutnya. Sebab, situasi dan kondisi permasalahan antara daerah yang satu dengan yang lainnya berbeda. Oleh karena itu kata Iwan, dibutuhkan peran serta APIP untuk mendukung pengawasan vaksinasi Covid-19 agar Indonesia bisa mencapai herd imunity yang telah dicanangkan. 
 
Sementara itu, Irjen Kementerian Kesehatan Murti Utami mendorong pemerintah daerah, kabupaten kota untuk mendukung program vaksinasi Covid-19. 
 
"Saat ini sudah sekitar 37 juta warga telah divaksin. Baik tahap pertama ataupun tahap ke dua," ujarnya. 
 
Untuk vaksinasi lansia kata Utami, sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan vaksin agar para lansia jumlahnya terus meningkat.
 
 
(Tim Kominfo BPKP)