BPKP Kalsel Eksplorasi Transformasi Digital Pemerintah Kalsel

.

BANJARBARU (22/6) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap eksplorasi transformasi digital Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar. Ia menyampaikan transformasi digital dinilai penting untuk mempercepat pelayanan publik, meningkatkan kinerja, dan mengefisienkan penggunaan anggaran.

Sementara itu, Rudy menyatakan keterlibatan seluruh pihak di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam menggunakan aplikasi hasil transformasi digital sangat penting. Hal ini akan membantu untuk mengetahui titik lemah aplikasi yang nantinya akan disempurnakan.

Selain itu, Rudy juga menyampaikan pentingnya literasi teknologi informasi seluruh pegawai dan memperjelas siapa pemangku sistem (system owneraplikasi. Ia menyarankan transformasi digital harus mencakup pengembangan infrastruktur teknikal, aplikasi-aplikasi transaksi, aplikasi-aplikasi lanjutan, aplikasi-aplikasi integrasi,dan portal akses pimpinan.

Ia juga menyarankan, “Apabila ada dinas yang membuat aplikasi agar terkoordinasi oleh satu tim yang terdiri dari pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Selatan.” Tujuannya, agar aplikasi tersebut berjalan dengan baik.

Rudy berharap di era digital sekarang, transformasi digital di Provinsi Kalimantan Selatan dapat mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

Acara tersebut dihadiri oleh hampir keseluruhan pejabat eselon 2 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

(Kominfo BPKP Kalsel/UR)