BPKP Sabet Dua Penghargaan dalam Top Digital Awards 2021

.

JAKARTA (21/12) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan meraih penghargaan Top Digital Awards 2021 dari Majalah IT Works. Kali ini BPKP berhasil memboyong dua penghargaan, yaitu Top Digital Implementation 2021 #Level Stars 4 (Sangat Baik) dan Top Leader on Digital Implementation untuk Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. Prestasi ini menunjukkan BPKP selalu mendorong akselerasi transformasi teknologi informasi.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Informasi Pengawasan Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo mewakili BPKP menerima langsung penghargaan digital nasional ini di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, pada Selasa 21 Desember 2021. Raihan ini tak luput dari kerja keras Pusat Informasi Pengawasan sebagai punggawa transformasi digital BPKP.

Pemimpin Redaksi Majalah It Works M Lutfi Handayani mengatakan Top Digital Awards 2021 adalah pembelajaran sekaligus kegiatan penilaian atau pemberian penghargaan di bidang teknologi digital yang terbesar di Indonesia yang diberikan kepada instansi pemerintahan dan korporasi bisnis yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital.

"Kegiatan Top Digital Awards bukan hanya sekedar kegiatan penilaian atau penghargaan semata, namun banyak aspek pembelajaran di dalamnya," tegasnya dalam acara Top Digital Awards 2021 yang mengusung tema Accelerating Digital Transformation in Business & Government.

Kemudian, Ketua Dewan Juri Kalamullah Ramli mengatakan, penentuan pemenang dilakukan melalui beberapa tahapan. Empat kriteria utama dalam menentukan pemenang antara lain:

1. Perusahaan atau instansi yang berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kinerja, daya saing, operasional, dan layanannya;

2. Perusahaan atau instansi yang memiliki sistem, tata kelola, dan infrastruktur teknologi digital yang baik;

3. Perusahaan atau instansi yang memiliki solusi teknologi digital unggulan atau yang dinilai membanggakan; dan

4. Perusahaan/instansi yang implementasi dan solusi teknologi digitalnya yang terkait dengan Tema Top Digital  Awards 2021, yakni mendukung transformasi bisnis atau layanan di masa pandemi Covid-19. 

Sementara itu, dalam keynote speech Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang disampaikan oleh Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian mengatakan bahwa pengembangan transformasi digital juga harus memperhatikan keamanan siber, karena ancaman dan serangan siber merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan.

Selanjutnya Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Bambang Dwi Anggono yang menyampaikan keynote speech Menkominfo mengatakan leadership menjadi kunci keberhasilan transformasi digital pemerintahan. Inovasi harus diterapkan dalam kerangka NKRI untuk mendobrak sekat-sekat dan wilayah administrasi. Selain itu, aspek people menempati posisi strategis dalam transformasi digital pemerintahan. Ia juga mengatakan bahwa transformasi digital harus dimulai dengan transformasi mindset.

(Kominfo BPKP ws/grh)