Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Laporan Kinerja

LAPORAN KINERJA PERWAKILAN BPKP SUMATERA UTARA

 

  • LAPORAN KINERJA TAHUN 2020

Pada Tahun 2020 ini pengawasan intern yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menghadapi tantangan yang luar biasa berat, karena berlangsung di tengah situasi pandemi covid-19. Pemerintah mengambil kebijakan refocussing dan pembatasan sosial. Kebijakan refocussing anggaran membawa konsekuensi pemotongan anggaran setiap kementerian/lembaga.
Dengan demikian program kerja yang sudah direncanakan di awal tahun terpaksa direvisi. Menurunnya aktivitas pengawasan intern membawa dampak terhadap pencapaian target kinerja. Tidak dapat dipungkiri beberapa target kinerja yang telah diperjanjikan tidak dapat dicapai dikarenakan pemotongan anggaran dan penugasannya dihapus dari PKPT.
Di sisi lain di tengah situasi sulit ini, terdapat juga kinerja yang tercapai sesuai target, bahkan melampaui target. Namun demikian, kita tidak boleh berbangga dahulu, karena pada Laporan Kinerja kali ini, walaupun kinerja tercapai sesuai target atau melampaui target, harus dianalisis lagi efisiensi pemakaian sumber dayanya. Apabila penggunaan sumber dayanya tidak efisien, maka capaian kinerja yang melebihi target tersebut tetap saja kinerjanya masih kurang baik. Untuk itu ke depannya aspek efisiensi ini akan menjadi fokus perhatian.
Sangat disadari bahwa Laporan Kinerja ini belum secara sempurna menyajikan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas seperti yang diharapkan.Namun setidaknya masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan dapat memperoleh gambaran tentang hasil-hasil pengawasan keuangan dan pembangunan yang telah dilakukan jajaran Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.
Saya berterima kasih kepada Tim Penyusun yang telah bekerja keras menyelesaikan Laporan Kinerja ini secara tepat waktu. Tak lupa juga kepada berbagai pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Laporan Kinerja ini sesuai ketentuan.
Di masa mendatang seluruh jajaran perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara akan melakukan berbagai langkah dan upaya untuk memperbaiki kinerja dalam upaya mewujudkan auditor internal pemerintah berkelas dunia dan trusted advisor pemerintah untuk meningkatkan Good Governance sektor publik.
Dengan semboyan BPKP “Hadir Bermanfaat”, kami berharap Laporan Kinerja tahun 2020 ini dapat menjadi media pertanggungjawaban kinerja, dan dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan keputusan bagi para pemangku kepentingan, serta mendapatkan umpan balik dari masyarakat dan para pemangku kepentingan ntuk perbaikan kinerja di masa mendatang.

 

Detail Download
 
 
  • LAPORAN KINERJA TAHUN 2019

Sebagai bentuk akuntabilitas pelaksanaan tugas yang sudah dipercayakan dan sebagai wujud penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara telah menyusun laporan Kinerja Tahun 2019. Laporan kinerja tersebut disusun berdasarkan Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara periode tahun 2015-2019 dan Perjanjian Kinerja Tahun 2019. Dalam kedua dokumen tersebut telah ditetapkan indikator kinerja utama (IKU) sebagai ukuran keberhasilan organisasi dalam melaksanakan sasaran kinerja yang telah ditetapkan.

Dalam perjanjian kinerja tahun 2019 telah ditetapkan 8 sasaran program dengan 18 IKU. Dari 8 (delapan) sasaran program, 6 (enam) sasaran program rata-rata capaian IKU-nya melebihi target , 1 (satu) sasaran program berada di bawah target, dan 1 (satu) sasaran program tidak dapat mencapai target atau capaian nol. Capaian sasaran program tersebut tidak lepas dari capaian IKU yang ada di tiap sasaran program yang berjumlah 18 IKU. Dari 18 IKU, 12 IKU melebihi target, 4 IKU berada di bawah target, dan 2 IKU tidak mencapai target atau capaian “0”. 

 

Detail Download

 

  • LAPORAN KINERJA TAHUN 2018

Capaian kinerja Tahun 2018 sangat memuaskan, dimana dari 18 IKU yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja sebanyak 14 IKU realisasinya melebihi target, 2 IKU realisasinya sama dengan target dan hanya 2 IKU saja yang capaiannya masih dibawah target. Saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran staf yang telah mendedikasikan waktu, tenaga dan pikirannya bagi tercapainya kinerja tahun 2018. Begitupun kita jangan cepat berpuas diri karena tantangan yang dihadapi di tahun 2019 semakin berat. Untuk itu kita harus tetap menggelorakan semangat dan bersikap optimis untuk dapat mencapai target RPJMN maupun Renstra Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara 2015-2019

 

Detail Download
 
  • LAPORAN KINERJA TAHUN 2017

Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2015-2019 yang memuat visi, misi, tujuan, sasaran, dan kegiatan, dilengkapi dengan indikator kinerja dan target yang akan dicapai, serta rencana pendanaan dalam tahun 2015-2019, yang selanjutnya menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Pengawasan (Jakwas) dan Perjanjian Kinerja (Perkin) setiap tahun.

Visi Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara adalah menjadi Auditor Internal Pemerintah RI Berkelas Dunia untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional di Wilayah Sumatera Utara.  Sebagai Auditor Internal Pemerintah RI, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta membantu upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2015-2019.

Untuk mewujudkan visinya, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara memiliki tiga misi, yaitu (1) Menyelenggarakan Pengawasan Intern terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional guna Mendukung Tata Kelola Pemerintahan dan Korporasi yang Bersih dan Efektif di Wilayah Sumatera Utara; (2) Membina Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang Efektif di Wilayah Sumatera Utara; serta (3) Mengembangkan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten di Wilayah Sumatera Utara.

Dalam mencapai visi dan misi tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menetapkan tiga tujuan strategis yang akan dicapai dalam tahun 2015-2019, yaitu (1)Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional yang Bersih dan Efektif di Wilayah Sumatera Utara; (2) Peningkatan Efektivitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Wilayah Sumatera Utara; dan (3) Peningkatan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten di Wilayah Sumatera Utara. Untuk mencapai tujuan di atas, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara telah merumuskan delapan  sasaran program sebagai dasar pengukuran kinerja BPKP yang dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kinerja.

Laporan Kinerja (LKj) Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 ini merupakan salah satu media yang menunjukkan kesiapan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara untuk mampu menjawab pertanyaan atas pencapaian kinerja tahun 2017. LKj juga dimanfaatkan sebagai alat kendali dan alat pengukuran kinerja secara kuantitatif menuju terwujudnya akuntabilitas keuangan negara yang berkualitas.Hasil penilaian atas pelaksanaan kinerja tahun 2017 menunjukkan sebagian besar sasaran program dan kegiatan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara telah tercapai. Sasaran Progran dan Kegiatan, berikut capainnya pada tahun 2017 dapat dilihat pada Tabel RE.1.

 

Detail Download


Share   
PROFIL
Kata Pengantar
Tugas Pokok dan Fungsi
Struktur Organisasi
Dukungan Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
GALERI KEGIATAN
Foto Kegiatan
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP SUMUT
Perjanjian Kinerja BPKP SUMUT
PRODUK LAYANAN
Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Akuntan Negara
Investigasi
Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
P3 APIP
LAPORAN KINERJA
Laporan Hasil Pengawasan
Laporan Kinerja
PELAYANAN PUBLIK
Laporan Keuangan
Laporan BMN
Survei Kepuasan Layanan BPKP SUMUT
DOKUMEN PERENCANAAN
Rencana Aksi Atas Kinerja
Rencana Kinerja

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

Sosial Media

bpkpsumut1

bpkpsumut1

bpkpsumut1

bpkpsumut1

 

 

 


 

     
  RENSTRA 2020-2024