Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Laporan Kinerja 2020

Pada Tahun 2020 ini pengawasan intern yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menghadapi tantangan yang luar biasa berat, karena berlangsung di tengah situasi pandemi covid-19. Pemerintah mengambil kebijakan refocussing dan pembatasan sosial. Kebijakan refocussing anggaran membawa konsekuensi pemotongan anggaran setiap kementerian/lembaga.
Dengan demikian program kerja yang sudah direncanakan di awal tahun terpaksa direvisi. Menurunnya aktivitas pengawasan intern membawa dampak terhadap pencapaian target kinerja. Tidak dapat dipungkiri beberapa target kinerja yang telah diperjanjikan tidak dapat dicapai dikarenakan pemotongan anggaran dan penugasannya dihapus dari PKPT.
Di sisi lain di tengah situasi sulit ini, terdapat juga kinerja yang tercapai sesuai target, bahkan melampaui target. Namun demikian, kita tidak boleh berbangga dahulu, karena pada Laporan Kinerja kali ini, walaupun kinerja tercapai sesuai target atau melampaui target, harus dianalisis lagi efisiensi pemakaian sumber dayanya. Apabila penggunaan sumber dayanya tidak efisien, maka capaian kinerja yang melebihi target tersebut tetap saja kinerjanya masih kurang baik. Untuk itu ke depannya aspek efisiensi ini akan menjadi fokus perhatian.
Sangat disadari bahwa Laporan Kinerja ini belum secara sempurna menyajikan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas seperti yang diharapkan.Namun setidaknya masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan dapat memperoleh gambaran tentang hasil-hasil pengawasan keuangan dan pembangunan yang telah dilakukan jajaran Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.
Saya berterima kasih kepada Tim Penyusun yang telah bekerja keras menyelesaikan Laporan Kinerja ini secara tepat waktu. Tak lupa juga kepada berbagai pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Laporan Kinerja ini sesuai ketentuan.
Di masa mendatang seluruh jajaran perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara akan melakukan berbagai langkah dan upaya untuk memperbaiki kinerja dalam upaya mewujudkan auditor internal pemerintah berkelas dunia dan trusted advisor pemerintah untuk meningkatkan Good Governance sektor publik.
Dengan semboyan BPKP “Hadir Bermanfaat”, kami berharap Laporan Kinerja tahun 2020 ini dapat menjadi media pertanggungjawaban kinerja, dan dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan keputusan bagi para pemangku kepentingan, serta mendapatkan umpan balik dari masyarakat dan para pemangku kepentingan ntuk perbaikan kinerja di masa mendatang.
 
LKJ SUMUT 202020

Share   

 

 


 

     
  RENSTRA 2020-2024