Kepala BPKP Saksikan Sumut Raih Penghargaan TPID

Acara berlangsung secara terbatas sesuai protokol Kesehatan di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro No. 41 Medan. Acara dibuka dengan sambutan dari Gubernur Sumatera Utara, dilanjutkan dengan paparan dari BNPB yang disampaikan oleh ketua tim pakar satgas Covid-19 Prof. drh. Wiku Adisasmito. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan obat-obatan dan vitamin secara simbolis dari Menteri Perekonomian kepada Gubernur Sumatera Utara. Pada kesempatan tersebut Menko juga memberikan sambutan dan arahan secara singkat.

Tidak hanya itu, usai rapat digelar Menko Airlangga juga menyerahkan penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award tahun 2021 yang berhasil diraih oleh Provinsi Sumatera Utara kepada Gubernur Sumatera Utara. Penghargaan tersebut membuktian bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera sungguh-sungguh dalam upaya pengendalian inflasi daerah yang sangat dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Pada konferensi pers bersama, Airlangga menyatakan bahwa kasus positif Covid-19 secara nasional sudah mulai melandai namun di Sumatera Utara masih relatif tinggi. Meskipun demikian Airlangga mengatakan bahwa kasus tersebut sudah mengalami penurunan sebanyak 30 persen. Oleh karenanya Airlangga menyampaikan pesan dari Presiden Provinsi Sumatera Utara perlu melakukan cleansing data terhadap kasus positif dan meningkatkan angka vaksinasi. Kemudian dari sisi pertumbuhan ekonomi pemerintah pusat terus mendorong pemerintah provinsi sumatera utara untuk melakukan peningkatan seperti dari kelapa sawit, karet, dan kopi. Dari sisi potensi Sumatera Utara memiliki kemampuan yang besar untuk terus didorong. “sudah dihadirkan juga Kepala BPKP untuk menyaksikan agar pertumbuhan ini bisa dilihat secara teknis supaya hambatan dapat diatasi”tutur Airlangga.

 

(Kominfo BPKP Sumut)