Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Sosialisasi SIMDA Perencanaan, upaya memahami perencanaan daerah secara menyeluruh
15 Juni 2017 17:14:45 / ekohg / dibaca: 514 kali / Kat: SIMDA

Beberapa hal yang menjadi fokus perhatian implementasi SIMDA Perencanaan diantaranya dari sisi nilai yang ditawarkan dengan menerapkan aplikasi in, pelayanan yang diberikan  penyedia aplikasi, hubungan klien pengguna aplikasi dengan penyedia, kegiatan utama yang tersedia dalam aplikasi yang dapat menunjang kinerja organisasi, sumber daya yang harus disediakan baik oleh penyedia aplikasi maupun pengguna aplikasi, mitra kerja pengguna aplikasi yang terlibat dalam proses implementasi aplikasi SIMDA Perencanaan, biaya yang harus disediakan dengan penekanan tidak ada biaya penggantian aplikasi alias gratis, imbalan yang dapat diterima pengguna aplikasi terutama terintegrasinya aplikasi tersebut dengan aplikasi SIMDA Keuangan, resiko yang mungkin timbul selama proses penerapan aplikasi, legalitas pengembang aplikasi, akuntabilitas penerapan aplikasi, dan sustainabilitas atau jaminan pelayanan kedepan jika terdapat perubahan peraturan.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Mulyana, saat sambutan sosialisasi implementasi SIMDA Perencanaan. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari ini Kamis, 15 Juni 2017 bertempat di Ruang Diklat T. Sembiring Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara. Sosialisasi dihadiri oleh para kepala Bapeda Kabupaten dan Kota se-provinsi Sumatera Utara yang didampingi oleh pejabat eselon III yang membidangi dan staf yang memahami aplikasi computer, jumlah peserta sebanyak 115 orang termasuk tim pengembang aplikasi e-planning pemerintah Kota Medan baik dari unsur analis maupun programernya.

 
Korwas Kelompok JFA Bidang APD 2, Rustam, dalam paparan SIMDA Perencanaan menyampaikan bahwa sosialisasi ini tidak dimaksudkan untuk mengemukakan keunggulan suatu aplikasi dan melemahkan aplikasi sejenis yang lain, melainkan semangat saling melengkapi antar apliksi sejenis. Semua keputusan dikembalikan kepada pemerintah daerah masing-masing akan menggunakan aplikasi yang mana dengan tetap memperhatikan focus perhatian implementasi sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara diawal pembukaan.
 
Aplikasi SIMDA Perencanaan saat ini terbagi dua kelompok besar implementasi yaitu implementasi perencanaan lima tahunan dengan aplikasi berbasis desktop dan implementasi perencanaan tahunan dengan aplikasi berbasis web. Aplikasi perencanaan lima tahunan saat ini sudah dapat digunakan oleh pemerintah daerah sedangkan untuk perencanaan tahunan masih menunggu penyempurnaan dari Tim Pengembang BPKP Pusat. Bapeda selaku leader implementasi aplikasi ini harus berkoordinasi dengan dinas kominfo masing-masing pemda untuk menyiapkan infrastruktur penerapan aplikasi berbasis web.
Simpulan sesi diskusi yang disampaikan peserta yaitu adanya keraguan pemda untuk penganggaran tahun 2018 apakah memungkinkan menggunakan aplikasi ini mengingat tahapan penyusunan APBD saat ini sudah dimulai dan belum tersedianya Analisis Standar Belanja (ASB) serta RPJMD dan Renstra sebagai syarat menjalankan perencanaan tahunan harus diinput terlebih dahulu. 
---rst---


Share      

Berita Terkait:

12 Juni 2017 17:04:28 / ekohg / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Pertemuan Admin SIMDA se-Sumut, meneguhkan peran SIMDA
06 Desember 2016 12:13:02 / ekohg / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SOSIALISASI PENCEGAHAN KORUPSI DAN PENGENDALIAN GRATIFIKASI, DAN MoU INTEGRASI ePLAN DENGAN SIMDa
29 Nopember 2015 23:09:27 / sumut / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Sebagian Besar Pemda Sudah Gunakan SIMDA Keuangan BPKP
02 Desember 2014 16:26:36 / sumut / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Gubernur Sumut : Jadi PPK BLUD, RSUD Jangan Abaikan Prinisp Efisiensi
06 Nopember 2014 09:28:47 / sumut / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Implementasi SIMDA Keuangan Untuk Kepatuhan dan Optimalisasi Penerimaan Pajak


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015