Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Rapat Kerja Wilayah Sumatera Bagian Utara AAIPI, pertama di Indonesia, Menuju Pencapaian Target RPJM
10 Mei 2017 17:15:42 / ekohg / dibaca: 408 kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Pada hari Senin 8 Mei 2017 bertempat di Hotel JW Mariot Medan, lima Pengurus wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) wilayah Sumatera Bagian Utara terdiri dari Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan rapat kerja perdana sekaligus dilakukan penandatanganan komitmen telaah sejawat. Raker tersebut dimaksudkan untuk mendukung pencapaian RPJMN terkait dengan pencapaian kapabilitas APIP level 3 pada tahun 2019. Kegiatan dihadiri oleh para Inspektur Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota pada 5 Provinsi di Sumatera Bagian Utara.
 
Gubernur Sumatera Utara selaku tuan rumah dalam sambutannya yang diwakili oleh Inspektur Provisi Sumatera Utara, OK Hendri, menyampaikan bahwa seluruh kepala daerah di provinsi Sumatera Utara berjumlah 34 Pemerintah Daerah seluruhnya telah menandatangani komitmen untuk mencapai target RPJMN tersebut. Kapabilitas APIP Provinsi Sumatera Utara pada akhir tahun ini direncanakan sudah masuk level 3 dengan berbagai upaya diantaranya dengan meminta pendampingan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.
 
 
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Mulyana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini tidak dimaksudkan sebagai seremonial belaka akan tetapi betul-betul ditindaklanjuti dengan kegiatan yang nyata terutama terkait dengan telaah sejawat yang diharapkan dalam semester dua kegiatan tersebut sudah dapat dilaksanakan dengan dukungan dana pada masing-masing pemerintah daerah yang baru dapat dilakukan setelah APBD Perubahan tahun 2017 disyahkan.
 
Edi Mulia, selaku Direktur Eksekutif Dewan Pengurus Nasional AAIPI menyambut baik kegiatan ini dan baru pertama kali di Indonesia yang dilaksanakan di Medan. Dewan Pengurus Pusat AAIPI mendorong semua pengurus wilayah untuk meningkatkan kinerja pada masing-masing wilayah melalui penerbitan berbagai pedoman salah satunya adalah pedoman telaah sejawat sejawat sebagai panduan dalam menindaklanjuti komitmen telaah sejawat yang ditandatangani oleh pengurus wilayah AAIPI Sumatera Bagian Utara.
 
Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto, selaku keynote speaker Focus Group Disscusion pada kegiatan dimaksud menyampaikan bahwa capaian Kapabilitas APIP level 3 secara nasional sampai dengan bulan Maret 2017 baru 17,33% diperlukan upaya ekstra untuk mencapai target RPJMN dalam tahun 2019. BPKP dengan dana STAR telah dan sedang melakukan kegiatan pembentukan tenaga auditor pada Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota sebagai bagian dari unsur peningkatan kapabilitas APIP dan untuk memenuhi target jumlah auditor secara nasional. Masing-masing wilayah diharapkan melakukan inovasi untuk mencapai target tersebut dan komitmen telaah sejawat sebagai bagian dari peningkatan kapabilitas APIP tisak hanya sekedar seremonial diatas kertas akan tetapi diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan nyata. Capaian target dan upaya peningkatan kapabilitas APIP akan dilaporkan kepada  Bapak Presiden pada saat rakernas pengawasan pada bulan Mei ini di Kantor BPKP Pusat.
 
Pada kegiatan rapat kerja ini telah ditandatangani komitmen pelaksanaan telaah sejawat masing-masing pengurus wilayah AAIPI pada 5 Provinsi yang disaksikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah serta Focus Group Disscusion yang diisi oleh beberapa Narasumber termasuk dari DPN AAIPI dan Yasasan Pendidikan Internal Audit (YPIA). 
 
–rst-


Share      

Berita Terkait:

31 Januari 2017 17:44:16 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Raker AAIPI Guna Meningkatkan Profesionalitas Inspektorat
28 Desember 2016 14:51:26 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Pengukuhan Pengurus AAIPI Wilayah Sumut 2016-2019 dan Soft Launching Aplikasi SIMPATI SUMUT - PATEN
15 Nopember 2015 18:08:55 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
APIP Daerah Harus Peduli Proses Penganggaran
18 Juni 2015 15:28:20 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Gubenur Sumut Buka Seminar Kapabilitas APIP dan Konvensi AAIPI


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015