Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Akuntan Desa, Peluang bagi Mahasiswa
09 Pebruari 2017 12:48:09 / ekohg / dibaca: 700 kali / Kat: Sosialisasi

Jumlah desa di seluruh Indonesia sebanyak 74.954 desa termasuk di Provinsi Sumatera Utara sebanyak 5.418 Desa, jika setiap desa membutuhkan satu orang Akuntan, maka peluang terbuka lebar bagi mahasiswa akuntansi untuk mengabdi di desa mengingat semakin besarnya dana yang dikelola oleh pemerintahan desa.

 

 
Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, pada pelaksanaan kuliah umum akuntansi keuangan desa sebagai rangkaian acara penutupan pendidikan dan pelatihan pola 30 jam akuntansi keuangan desa pada Program Studi Akuntansi Keuangan Publik Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan, mengatakan bahwa mahasiswa jurusan akuntansi setelah lulus jangan lagi berorientasi untuk bekerja di kota (bekerja di perusahaan) akan tetapi sudah saatnya untuk mengabdikan ilmunya di desa. Pengelolaan dana pada pemerintahan desa dari tahun ke tahun sejak lahirnya UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, jumlahnya semakin besar, tentu membutuhkan tenaga yang ahli dalam mengelola dana tersebut agar tujuan penggunaan dana tersebut yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.
 
Kegiatan kuliah umum dilaksanakan di Aula Politeknik Medan pada hari Rabu 8 Pebruari 2017. Dadang Kurnia mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dengan Politeknik Negeri Medan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan pola 30 jam dengan materi teory dan praktik akuntansi keuangan desa. Narasumber seluruhnya berasal dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dan materi praktik akuntansi keuangan desa  berupa penggunaan aplikasi siskeudes. Baik pengelola Politeknik Negeri Medan maupun mahasiswa berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan diklat ini dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan pada skala yang lebih luas seperti menyangkut pengelolaan keuangan daerah. Tanggapan mahasiswa bahwa waktu yang diberikan masih sangat kurang terutama untuk praktik penggunaan aplikasi siskeudes.
 
Pada rangkaian kunjungan di Medan, Dadang Kurnia, juga berkesempatan menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Universitas Sumatera Utara (USU) yang diwakili oleh Dekan Fakultan Ekonomi dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara terkait pemberian keilmuan desa. Kegiatan serupa yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Medan akan dilaksanakan di USU dengan pengembangan pada akuntansi keuangan daerah. Dadang kurnia, mepersilahkan USU untuk memanfaatkan aplikasi SIMDA sebagai sarana pelatihan dan aplikasi SIMDA Keuangan sudah terintegrasi dengan bank daerah, e-audit, DJP, Taspen, DJPK (SIKD/komandan) dan Sirup LKPP. Dari pihak USU mengharapkan agar tidak hanya kepada mahasiswa akan tetapi para dosen juga diberikan pembekalan terkait teory dan praktik akuntansi keuangan daerah dan desa.
 

 

-rst-



Share      

Berita Terkait:

01 Maret 2017 18:19:48 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SOSIALISASI DANA DESA DAN BUM DESA
05 April 2016 10:31:28 / sumut / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Sumut Selenggarakan Sosialisasi Reviu Atas Penyerapan Anggaran
29 Nopember 2015 23:00:06 / sumut / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Implementasi Inpres 9 Tahun 2015 Awal Publikasi Citra Positif BPKP
12 Mei 2015 18:33:05 / sumut / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kepala BPKP Sumut Diundang Jadi Narasumber Rapimda Gapensi Provinsi Sumut
07 Mei 2015 18:42:22 / sumut / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Sumut Siapkan Tiga Draft Perkada Dana Desa


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015