Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Pengukuhan Pengurus AAIPI Wilayah Sumut 2016-2019 dan Soft Launching Aplikasi SIMPATI SUMUT - PATEN
28 Desember 2016 14:51:26 / ekohg / dibaca: 144 kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI

Selasa (27/12) – Bertempat di Hotel Polonia Medan telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) se-Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016 serta Soft Launching SIMPATI SUMUT – PATEN dan Pengukuhan Pengurus AAIPI Wilayah Sumatera Utara Periode 2016-2019. Hadir dalam Rakorwasda tersebut Gubernur Provinsi Sumut Ir HT Erry Nuradi MSi, Direktur Eksekutif AAIPI Pusat Drs Edy Mulya MM, Ketua Tim Koordinator Supervisi Pencegahan(Korsupgah) KPK Adlinsyah Nasution, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sumut Mulyana, Bupati Phakphak Barat, Bupati Karo, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar,unsur Forkompimda, Inspektorat Kabupaten Kota se-Sumut dan pimpinan SKPD Provsu.

 

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Urata (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi MSi mengukuhkan Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumut Periode 2016-2019 di Hotel Polonia Medan Selasa (27/12/2016). Gubsu mengapresiasi atas dikukuhkannya kepengurusan AAIPI Sumut, sekaligus peresmian dan peluncuran Simpati Paten oleh Inspektorat Provinsi Sumut. Diharapkan kinerja aparat pengawasan internal pemerintah baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota akan semakin baik dan dapat memberikan jaminan kualitas atas penyelenggaraan pemda.
 
Menurut Gubsu perlu adanya penguatan terhadap inspektorat salah satunya dengan mengangkat kewibawaannya. "Saya sebenarnya sewaktu jadi Wakil Gubernur yang salah satu tugasnya bidang pengawasan ketika Rakornas di Bali dua tahun yang lalu pernah menyampaikan agar inspektorat ini berwibawa inspektorat Kabupaten/Kota ditunjuk oleh Gubernur dan Inspektorat Provinsi ditunjuk oleh Mendagri. Dan eselonnya juga kalau bisa dinaikan setaraf Sekda agar secara psikologis lebih berwibawa," ujar Gubsu. Hal ini lanjut Gubsu karena berdasarkan pengalaman dirinya sejak menjadi Bupati kalau tugas dan fungsi inspektorat kurang maksimal. Ini karena adanya kecanggungan seorang Inspektorat memeriksa seseorang yang eselonnya selevel.
 
Dalam kesempatan tersebut Gubsu juga meminta agar di tengah perkembangan teknologi yang semakin cepat, agar dapat manfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk mempermudah penyelenggaraan pemerintahan. Termasuk juga dalam tugas pembinaan dan pengawasan oleh AAIPI. Sebagai tujuan dari dibuatnya sistem informasi manajemen pengawasan terintergrasi yaitu untuk mempermudah pengolahan data pengawasan mulai dari proses dari perencanaan hingga tindak lanjut hasil pengawasan sehingga memberikan informasi yang lebih akurat, berkualitas dan cepat dan bermanfaat bagi para pemangku kebijakan dan pelaksanaan kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan.
 
Khusus untuk pengaduan masyarakat dengan dibuatnya sarana aspirasi, dan pelayanan aduan masyarakat sumut (Simpati Sumut Paten) semoga dapat menjawab harapan masyarakat mengenai kemudahan akses penyampaian aspirasi, dan juga sebagai wujud komitmen Pemprov guna meningkatkan peran serta masyarakat," ujar Gubsu lagi.
 
Sebelumnya, Direktur Eksekutif AAIPI Pusat Edy Mulya mengucapkan terimakasih kepada Gubsu Erry yang telah mengukuhkan AAIPI Wilayah Sumut. Edi Mulia mengatakan, Sumut merupakan provinsi ke-32 dari 33 cabang AAIPI di Indonesia yang mengukuhkan pengurusnya. Provinsi Jawa Tengah rencananya juga akan segera mengukuhkan pengurus AAIPI. Dia berharap dengan pengukuhan pengurus AAIPI Sumut, maka standar audit internal harus bisa memiliki nilai tambah. “Auditor itu harus bisa memberi nilai tambah. Pertama jika ada temuan harus ada rekomendasi untuk menyelesaikannya dan kedua auditor harus menemukan sistem agar temuan tersebut tidak terulang lagi,” pungkasnya.



Share      

Berita Terkait:

15 Nopember 2015 18:08:55 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
APIP Daerah Harus Peduli Proses Penganggaran
18 Juni 2015 15:28:20 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Gubenur Sumut Buka Seminar Kapabilitas APIP dan Konvensi AAIPI


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015