BPKP Sumut & Pemda se-Kepulauan Nias sepakat meningkatkan level Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komitmen peningkatan level maturitas SPIP dimaksudkan dalam rangka mendorong peningkatan level maturitas penerapan SPIP pada 1 Pemerintah Kota dan 4 Pemerintah Kabupaten di Kepulauan Nias sekurang-kurangnya pada level 3 (TERDEFINISI) pada tahun 2019.
Sedangkan komitmen Peningkatan Kapabilitas APIP dimaksudkan dalam rangka mendorong peningkatan kapabilitas Inspektorat Kota dan Inspektorat Kabupaten se-Kepulauan Nias yang masih berada pada level 1 ditingkatkan menuju Level 2 (Infrastruktur) pada tahun 2017 dan level 3 (integrated) pada tahun 2019.
Sementara itu, Mulyana mengungkapkan dalam sambutanya bahwa untuk mencapai target tersebut diperlukan lima antisipasi lingkungan strategis, pertama nawacita dan fokus pembangunan, membangun dari pinggiran dan paradigma pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, kedua program prioritas pembagunan selaras dengan program prioritas daerah, ketiga akuntabilitas keuangan daerah berupa target kinerja dan opini, keempat permasalahan hukum dengan indikator meningkatnya jumlah kepala daerah terjerat persoalan hukum dan kelima perubahan undang-undang pemda dan peningk0atan kapabilitas APIP.
Lebih lanjut Mulyana mengatakan bahwa diperlukan lima aksi untuk membangun SPIP, pertama the right man on the right job, kedua perencanaan dan prioritas yang selaras RKPD, RKA dan APBD, ketiga pengawalan terarah dalam pengelolaan keuangan daerah, keempat peningkatan implementasi SPIP dan penguatan APIP untuk menekan fraud dan korupsi, dan kelima training dan penegakan integritas.
Mengakhiri sambutannya, Mulyana menyampaikan kesediaan BPKP untuk mendampingi  Pemerintah Daerah se_kepluanan Nias untuk mencapai peningkatan level kapabilitas APIP dan maturitas SPIP.
Bupati Kabupaten Nias, Sokhiatulo Laoli menyambut baik penandatangan Peningkatan Level Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP pada Pemda Se-Kepulauan Nias dan menyatakan kesungguhan pihaknya untuk menjalankan komitmen tersebut. Beliau juga mengharapkan terus didampingi dan dibina, diantaranya melalui pengiriman SDM untuk mengikuti diklat-diklat yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.