SPI PT Pelindo I Harus Berperan Dalam Perencanaan dan Penganggaran

Mengawali sambutannya Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Medan, Bambang Eka Cahyana mengemukakan komitmennya untuk meningkatkan peran SPI dan Kualitas SDM SPI PT Pelindo I (Persero) Medan. Peningkatan peran dan kualitas SDM SPI, menurutnya, bukan hanya dimaksudkan agar SPI mampu melaksanakan post audit. Namun lebih dari itu, dia berharap SPI dapat terlibat dalam perencanaan dan penganggaran. “Sehingga proses pengendalian di PT Pelindo I (Persero) Medan bisa berjalan lebih dini,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, komitmen terhadap upaya peningkatan kualitas SDM tidak hanya dilakukan terhadap personel SPI. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya berharap dapat menyelenggarakan pelatihan mengenai dasar-dasar audit bagi seluruh General Manager dan Senior Manager PT Pelindo I (Persero). “Agar mereka mengetahui dan dapat mengantisipasi kesalahan dan penyimpangan dalam operasionalnya,” harap Bambang.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Mulyana dalam sambutannya mengatakan, dari hasil pengukuran dengan basis Internal Audit Capability Model (IACM), kondisi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) saat ini sebanyak 85% masih berada di Level 1, 14% di level 2, dan 1% di level 3. Diterangkan Mulyana, PP Nomor 192 Tahun 2014 tentang BPKP telah mengamanatkan BPKP untuk melakukan pembinaan terhadap APIP di Pemerintahan dan SPI di Koorporasi. Pada tahun 2019 sebagaimana yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo, kondisi Kapabilitas APIP, 85% harus sudah berada di level 3, 14% di level 2, dan 1% di level 1. “Semoga dengan terjalinnya kerjasama BPKP dengan PT Pelindo I,  akan dapat meningkatkan kualitas SPI di PT Pelindo I (Persero),juga bisa mencapai level 3,” harap Mulyana.

Menutup acara pembukaan workshop, Dewan Komisaris Umar Aris memberikan apresiasi terhadap komitmen Direksi PT Pelindo I (Persero) Medan, yang telah berupaya melakukan penguatan pada SPI PT Pelindo I (Persero) Medan. Umar juga menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang dinilai secara profesional telah melakukan pembinaan dalam kegiatan pengawasan dan administrasi keuangan PT Pelindo I (Persero). Umar berharap, melalui Workshop ini, SPI di PT Pelindo I (Persero) mampu menyusun Perencanaan Kegiatan Pengawasan Tahunan yang berkualitas dengan berbasis risiko dan sasaran prioritas yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

(Humas/BPKP-Sumut)