Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

SPI PT Pelindo I Harus Berperan Dalam Perencanaan dan Penganggaran
22 Desember 2015 16:22:19 / sumut / dibaca: 1000 kali / Kat: Kapabilitas APIP

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menggelar Workshop Penyusunan Perencanaan Audit pada Satuan Pengawas Intern (SPI) PT Pelindo I (Persero) selama dua hari, di kantor Pusat, Medan, mulai Kamis (17/12). Workshop diikuti sebanyak 33 orang peserta terdiri atas personel SPI, tiga orang Komite Audit dan dua orang Anggota Dewan Komisaris.

Mengawali sambutannya Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Medan, Bambang Eka Cahyana mengemukakan komitmennya untuk meningkatkan peran SPI dan Kualitas SDM SPI PT Pelindo I (Persero) Medan. Peningkatan peran dan kualitas SDM SPI, menurutnya, bukan hanya dimaksudkan agar SPI mampu melaksanakan post audit. Namun lebih dari itu, dia berharap SPI dapat terlibat dalam perencanaan dan penganggaran. “Sehingga proses pengendalian di PT Pelindo I (Persero) Medan bisa berjalan lebih dini,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, komitmen terhadap upaya peningkatan kualitas SDM tidak hanya dilakukan terhadap personel SPI. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya berharap dapat menyelenggarakan pelatihan mengenai dasar-dasar audit bagi seluruh General Manager dan Senior Manager PT Pelindo I (Persero). “Agar mereka mengetahui dan dapat mengantisipasi kesalahan dan penyimpangan dalam operasionalnya,” harap Bambang.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Mulyana dalam sambutannya mengatakan, dari hasil pengukuran dengan basis Internal Audit Capability Model (IACM), kondisi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) saat ini sebanyak 85% masih berada di Level 1, 14% di level 2, dan 1% di level 3. Diterangkan Mulyana, PP Nomor 192 Tahun 2014 tentang BPKP telah mengamanatkan BPKP untuk melakukan pembinaan terhadap APIP di Pemerintahan dan SPI di Koorporasi. Pada tahun 2019 sebagaimana yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo, kondisi Kapabilitas APIP, 85% harus sudah berada di level 3, 14% di level 2, dan 1% di level 1. “Semoga dengan terjalinnya kerjasama BPKP dengan PT Pelindo I,  akan dapat meningkatkan kualitas SPI di PT Pelindo I (Persero),juga bisa mencapai level 3,” harap Mulyana.

Menutup acara pembukaan workshop, Dewan Komisaris Umar Aris memberikan apresiasi terhadap komitmen Direksi PT Pelindo I (Persero) Medan, yang telah berupaya melakukan penguatan pada SPI PT Pelindo I (Persero) Medan. Umar juga menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang dinilai secara profesional telah melakukan pembinaan dalam kegiatan pengawasan dan administrasi keuangan PT Pelindo I (Persero). Umar berharap, melalui Workshop ini, SPI di PT Pelindo I (Persero) mampu menyusun Perencanaan Kegiatan Pengawasan Tahunan yang berkualitas dengan berbasis risiko dan sasaran prioritas yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

(Humas/BPKP-Sumut)



Share      

Berita Terkait:

16 Agustus 2017 18:08:03 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Penilaian Mandiri Kapabilitas SKAI PT. Bank Sumut dalam menggapai SKAI yang berkualitas.
07 Desember 2015 08:38:47 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tapteng Komitmen Tingkatkan Kapabilitas APIP dan Level Maturitas SPIP
05 Desember 2015 17:50:14 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tiga Pemda Tandatangani Komitmen Bersama BPKP
04 Desember 2015 06:38:18 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Pemkot Sibolga - BPKP Sumut Tandatangani Komitmen
23 Nopember 2015 18:09:10 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Deli Serdang Serius Tingkatkan Kapabilitas APIP dan Matiuritas SPIP


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015