Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Tiga Pemda Tandatangani Komitmen Bersama BPKP
05 Desember 2015 17:50:14 / sumut / dibaca: 1217 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Tiga Pemerintah Daerah, meliputi Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas) melaksanakan penandatanganan komitmen bersama Peningkatan Kapabilitas APIP dan Level Maturitas SPIP, di Aula Kantor Walikota Padang Sidempuan, Selasa (1/12). Penandatanganan Naskah Komitmen Bersama Kapabilitas APIP dilakukan antara Inspektur daerah, Kepala Perwakilan BPKP Sumut, dan Kepala Daerah. Sedang penandatanganan Naskah Komitmen Bersama Peningkatan Level Maturitas SPIP antara Sekretaris Daerah, Kepala Perwakilan BPKP Sumut, dan Kepala Daerah.

Pejabat yang melakukan penandatanganan, berturut-turut dari Pemkot Padang Sidempuan, Inspektur H Ikhpan Lubis, Sekretaris Daerah Zulfeddi Simamora, dan Walikota Andar Amin Harahap. Pejabat Pemkab Paluta, Inspektur Husni Afgan Hutasuhut, Sekretaris Daerah Tongku Palit Hasibuan, dan Bupati Bachrum Harahap. Sedang pejabat dari Pemkab Palas, Inspektur Arpan Nasution, Sekretaris Daerah Syamsul Anwar Lubis, dan Bupati Ali Sutan Harahap.

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Sumut Mulyana, saat ini kedewasaan penyelenggaraan SPIP di ketiga pemda di atas belum terdefinisi secara baik. Kalau dari ketiga daerah ini sudah terdefinisi dengan baik, maka penyelenggaraan SPIP sudah berjalan dengan baik pula. Dengan demikian dapat diyakini bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan pada pemerintahan daerah Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Paluta dan Palas.

Diingatkan Mulyana, meski Kepala Daerah sudah bersungguh-sungguh berkomitmen menyelenggarakan SPIP sesuai PP Nomor 60 tahun 2008,  namun jika tidak didukung para Kepala SKPD, tentunya tetap saja tidak ada artinya penandatanganan komitmen ini dilakukan. “Jadi sangat baik apabila penyelenggaraan SPIP ditangani oleh Kepala Daerah dan pejabat yang sehari-harinya melaksanakan, yaitu Sekda dan orang yang sehari-harinya mendorong, yaitu Inspektur. Sedang aksi dari komitmen ini dilaksanakan oleh seluruh Kepala SKPD,” tutur Mulyana sambil berharap. Kepala SKPD punya komitmen yang sama untuk menyelenggarakan dan meningkatkan maturitas SPIP.

Lebih lanjut, terkait dengan kapabilitas APIP, Mulyana mengungkapkan, kebanyakan APIP daerah masih berada pada level 1, artinya APIP belum mempunyai peran yang signifikan dalam meningkatkan dan mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan. Karena itu perlu dukungan dan komitmen dari Kepala Daerah, Sekretaris Daerah dan Inspektur dalam upaya peningkatan kapabilitas APIP daerah menuju ke level yang lebih baik. Target 5 tahun kedepan menjadi APIP yang mempunyai kapabilitas dengan komposisi 85% level 3.

Dengan capaian kapabilitas APIP pada level 3, APIP diharapkan, mampu memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiendi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah; mampu memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah, dan; mampu memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah.

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap mengemukakan, pihaknya sangat mendukung upaya untuk meningkatkan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP sebagaimana penandatanganan komitmen bersama yang baru saja dilakukan ketiga pemerintah daerah.

Dia mengharapkan, rencana aksi dari penandatanganan ini bisa segera diwujudkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan dukungan keberhasilan pembangunan daerah dan terwujudnya good governance.

Andar menginstruksikan para Kepala SKPD bersama-sama dengan Inspektorat senantiasa membangun koordinasi yang baik dengan BPKP untuk mendapatkan bimbingan dan pembinaan penyelenggaraan SPIP dan kapabilitas APIP.   

(Hart/Humas BPKP Sumut)



Share      

Berita Terkait:

16 Agustus 2017 18:08:03 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Penilaian Mandiri Kapabilitas SKAI PT. Bank Sumut dalam menggapai SKAI yang berkualitas.
22 Desember 2015 16:22:19 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
SPI PT Pelindo I Harus Berperan Dalam Perencanaan dan Penganggaran
07 Desember 2015 08:38:47 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tapteng Komitmen Tingkatkan Kapabilitas APIP dan Level Maturitas SPIP
04 Desember 2015 06:38:18 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Pemkot Sibolga - BPKP Sumut Tandatangani Komitmen
23 Nopember 2015 18:09:10 / sumut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Deli Serdang Serius Tingkatkan Kapabilitas APIP dan Matiuritas SPIP


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015