Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

APIP Daerah Harus Peduli Proses Penganggaran
15 Nopember 2015 18:08:55 / sumut / dibaca: 299 kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Mulyana mengatakan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah selama ini belum memfokuskan diri pada pengawalan proses penganggaran. Hal itu disebabkan, belum ada ketentuan yang mengatur tentang reviu atas Rencana Kerja Anggaran(RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Karena itu, APIP di daerah didesak harus memiliki inisiatif untuk melakukan reviu RKA SKPD berdasarkan best practice sambil menunggu penetapan peraturan tentang reviu RKA SKPD yang saat ini masih digodog oleh Kementerian Dalam Negeri.

Diingatkan Mulyana, reviu terhadap RKA SKPD harus menjadi kebutuhan para Kepala Daerah dalam proses penganggaran yang akuntabel, dan Inspektorat daerah merupakan ujung tombak dalam melakukan reviu terhadap penganggaran tersebut. Bila dibutuhkan bantuan teknis, BPKP yang memiliki pengalaman melaksanakan reviu penganggaran dapat saja memberikan supervisi dan pendampingan.

 “Inisiatif itu harus segera dibangun oleh Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota,supaya target program dan kegiatan yang ada dalam APBD Pemerintah Daerah dan DIPA SKPD-nya telah benar-benar selaras dan dapat terjaga akuntabilitasnya," desak Mulyana ketika menyampaikan paparannya dihadapan peserta forum Komunikasi Pengawasan APIP Daerah Bidang Perdagangan yang diselenggarakan dengan focal point Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan, Selasa (25/8), di Medan.  

Forum berlangsung sejak tanggal 24 Agustus 2015 yang dibuka secara resmi oleh Inspektur Jendral Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih. Forum diikuti pula oleh para Inspektur dan Dinas Perdagangan di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pembahasan materi dalam forum ini menghadirkan sejumlah narasumber, baik dari Kementrian Perdagangan, juga dari Kementrian Dalam Negeri dan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.

Forum komunikasi APIP seperti ini baru pertama kali digagas. Dari beberapa tanggapan yang dikemukakan para peserta, khususnya dari APIP daerah, selain terpacu untuk melakukan peningkatan kapabilitas SDM dengan minta bimbingan dan supervisi dari BPKP supaya dapat melakukan Reviu terhadap RKA SKPD, juga minta kepada Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian lainnya yang memiliki kepentingan dalam pengendalian Dana Alokasi Khusus (DAK) dapat menyelenggarakan forum komunikasi serupa sehingga dapat membangun komunikasi yang efektif dan kesamaan persepsi dalam Pengendalian dan Pengawasan dana-dana DAK.

Dalam kesempatan tersebut Mulyana juga menyampaikan 5(lima) Instruksi  Presiden Jokowi serta mengharapkan kepada Inspektorat untuk membantu Kepala Daerah dalam melakukan pemetaan program dan kegiatan yang risiko fraud dan korupsi serta memitigasi risiko tersebut sesuai dengan ketentuan UU Nomor30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan UU  Nomor23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

(M/H Humas BPKP Sumut)/



Share      

Berita Terkait:

31 Januari 2017 17:44:16 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Raker AAIPI Guna Meningkatkan Profesionalitas Inspektorat
28 Desember 2016 14:51:26 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Pengukuhan Pengurus AAIPI Wilayah Sumut 2016-2019 dan Soft Launching Aplikasi SIMPATI SUMUT - PATEN
18 Juni 2015 15:28:20 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Gubenur Sumut Buka Seminar Kapabilitas APIP dan Konvensi AAIPI


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015