Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Gubenur Sumut Buka Seminar Kapabilitas APIP dan Konvensi AAIPI
18 Juni 2015 15:28:20 / sumut / dibaca: 915 kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI

Bertempat di Aula Soedarjono Lt.2 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Jl.Gatot Subroto KM 5,5 Medan, (16/06) diselenggarakan Seminar Pengawalan Pembangunan Nasional di Daerah, Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Konvensi Pembentukan Calon Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumatera Utara. Seminar yang dibuka oleh Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho ini dihadiri para Kepala Daerah se-Provinsi Sumut, Irwasda Polda Sumut, Pengawas Kejati Sumut, Inspektur se-Provinsi Sumut,  akademisi, dan sebagainya.

Gubernur Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya mengemukakan, acara seminar sekaligus konvensi calon Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumatera Utara yang digagas BPKP Provinsi Sumut ini merupakan forum untuk menguatkan komitmen bersama dalam meningkatkan kompetensi dan kapabilitas APIP di Sumut.

Gubsu menegaskan, keberhasilan pembangunan di Sumut bergantung kepada pengawasan internal. Karena itu APIP di Sumut harus selalu meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya. “Keberhasilan pembangunan di Sumut adalah agregasi keberhasilan pembangunan di Kabupaten/kota. Keberhasilan pembangunan di Kabupaten/kota salah satu parameternya adalah berjalannya proses pengawasan internal secara baik,” tutur Gubsu.

Lebih lanjut gubernur berharap, agar APIP lebih mengedepankan pencegahan daripada penindakan. APIP harus dapat menjalankan perannya sebagai pemberi assurance dan consulting dalam akuntablitas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintah pusat dan daerah. “APIP atau Inspektorat harus dapat menjadi mata dan telinga pimpinan daerah untuk merespon berbagai hal sejak dini,” harap Gatot.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut Mulyana menjelaskan, saat ini level di APIP Sumut masih berada pada level 1. Pihaknya telah menargetkan level APIP di Sumut meningkat menjadi level II pada tahun 2016-2017. Karena itu pihaknya terus mendorong dan mendukung upaya peningkatan leveling melalui berbagai kegiatan pembangunan kapabilitas APIP, seperti, pembinaan auditor APIP, diklat kompetensi, tata kelola dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, diberikan penghargaan APIP Kapabilitas Terbaik di wilayah Sumatera Utara yang diserahkan oleh Gubernur Gatot Pujo Nugroho didampingi Kepala Perwakilan BPKP Sumut Mulyana. Penghargaan khusus atas komitmen terhadap peningkatan kapabilitas dan dukungan bagi tercapaianya LKPD Tahun 2014 diberikan kepada Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diterima oleh Plt Inspektorat Provsu Ahmad Fuad. Sementara penghargaan APIP terbaik tahun 2015 di wilayah Sumut secara berurutan berhasil diraih Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Asahan, Kota Binjai dan Kabupaten Dairi.

Bertindak sebagai narasumber Seminar Pengawalan Pembangunan Nasional di Daerah, Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Walikota Binjai Muhammad Idaham, Direktur Wilayah I Deputi Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Dddy Setiadi, Kepala Pusbin JFA selaku Direktur Eksekutif AAIPI Sri Penny Ratnasari. Sedangkan moderator, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Mulyana.

 (Hart/Humas BPKP Sumut)



Share      

Berita Terkait:

10 Mei 2017 17:15:42 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Rapat Kerja Wilayah Sumatera Bagian Utara AAIPI, pertama di Indonesia, Menuju Pencapaian Target RPJM
31 Januari 2017 17:44:16 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Raker AAIPI Guna Meningkatkan Profesionalitas Inspektorat
28 Desember 2016 14:51:26 / ekohg / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Pengukuhan Pengurus AAIPI Wilayah Sumut 2016-2019 dan Soft Launching Aplikasi SIMPATI SUMUT - PATEN
15 Nopember 2015 18:08:55 / sumut / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
APIP Daerah Harus Peduli Proses Penganggaran


PROFIL
Kata Pengantar
Tugas, Fungsi dan Wewenang
Struktur Organisasi
SDM
Visi dan Misi
PERAN DAN PERJANJIAN KINERJA
Peran BPKP
Perjanjian Kinerja
PRODUK LAYANAN
Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Korwas Akuntan Negara
Korwas Investigasi
Korwas Instansi Pemerintah Pusat
Bagian Tata Usaha
Korwas P3 APIP
PROGRAM & KEGIATAN
Rencana Kerja Tahunan
Capaian Kinerja
SITUS LAMAN TERKAIT
Facebook/Jejaring Sosial BPKP Sumatera Utara
PELAYANAN PUBLIK
RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN

KONTAK: Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara
Jl. Jend.l Gatot Subroto, Km.5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847, Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id

Download (Klik gambar yg diinginkan)

 

 

 


 

   
  RENSTRA 2015-2019   LAKIP 2015