Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara

BPKP Sumut Dorong DPD Perpamsi Tingkatkan Pelayanan Air Bersih
23 April 2014 16:16:39 / sumut / dibaca: 2 kali / Kat: MOU, Kerjasama

“Pelatihan adalah salah satu cara mengelola PDAM, disamping itu perlu juga adanya partisipasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam penguatan infrastruktur sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan prima bagi pelanggan PDAM”.

Koordinasi Peningkatan Kinerja Pemerintah Kota Medan, Walikota Datangi BPKP Sumut
22 April 2014 16:59:30 / sumut / dibaca: 16 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

“Kami mohon pendampingan dari BPKP Sumut untuk perencanaan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah Kota Medan termasuk didalamnya memberdayakan peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kota Medan untuk menghindari terjadinya Fraud.

Sering-sering Berkunjung ke Website Pusdiklatwas BPKP
22 April 2014 09:28:49 / sumut / dibaca: 14 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

“Ilmu itu ibarat obat yang mempunyai waktu kadaluarsa, jika sudah kadaluarsa akan menjadi racun dan tidak baik digunakan lagi. Demikian juga dengan Diklat Penilaian Angka Kredit ini, jadi diharapkan kepada Bapak/Ibu untuk terus update”.


Arsip Berita
Halaman Pembuka

 

BPKP adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada dan bertanggunggung jawab kepada Presiden RI. Sejalan    dengan itu, Visi BPKP adalah “Auditor Presiden yang Responsif, Interaktif dan Terpercaya Untuk Mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Negara yang Berkualitas“.

Dalam mewujudkan amanah yang diembannya, BPKP melakukan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atas kegiatan tertentu yang meliputi :

  1. Kegiatan yang bersifat lintas sektoral.
  2. Kegiatan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum.
  3. Kegiatan lain berdasarkan penugasan dari Presiden.

Pengawasan intern yang dimaksud meliputi audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya.

 

Awal tahun 2011, Presiden RI telah menerbitkan Inpres Nomor 4 Tahun 2011, tanggal 17 Februari 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara. Pada diktum keempat Inpres tersebut, Kepala BPKP melaksanakan :

  1. Asistensi kepada menteri/lembaga/pemerintah daerah, utuk meningkatkan pemahaman bagi pejabat pemerintah pusat/daerah dalam pengelolaan keuangan negara/daerah, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan meningkatkan kualitas laporan keuangan dan tata kelola.
  2. Evaluasi terhadap penyerapan anggaran kementerian/lembaga/pemerintah daerah, dan memberikan rekomendasi langkah-langkah strategis percepatan penyerapan anggaran, dan
  3. Audit tujuan tertentu terhadap program-program strategis nasional yang mendapat perhatian publik dan menjadi isu terkini
  4. Rencana aksi yang jelas, tepat dan terjadwal dalam mendorong penyelenggaraan SPIP pada setiap kementerian/lembaga/pemerintah daerah.


Sehubungan dengan hal di atas, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara sebagai unit kerja BPKP merupakan kepanjangan tangan dari BPKP di daerah. Sesuai dengan komitmen Pimpinan BPKP, maka seluruh pejabat dan pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara akan bekerja dengan
5 As, yaitu: kerja keras, tuntas, cerdas, penuh integritas dan ikhlas.
   

   Kepala Perwakilan,
               

                 Ttd

         Mulyana, Ak

                       

 


KANTOR PERWAKILAN

BPKP PROVINSI SUMATERA UTARA

Jl. Jend. Gatot Subroto
Km. 5,5 Medan 20122
Telp. (061) 847 4847
Fax. (061) 847 2842
Email : sumut@bpkp.go.id


 

LAKIP 2013 RENSTRA 2010-2014 LAPKEU 2013