Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

KPU PALI gandeng BPKP dalam Penggunaan Dana Hibah Pemilihan Bupati
29 Juni 2020 13:22:49 / sumsel / dibaca: 99 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Selasa (23/06), bertempat di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kecamatan Talang Ubi, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penggunaan Dana Hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten PALI Tahun 2020 pada Badan Ad Hoc (PPK). Hal ini merupakan Komitmen untuk memanfaatkan uang Dana Hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pali Tahun 2020 secara profesional dan transparan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Korwas IPP Bidang Polhukam PMK Perwakilan BPKP Sumatera Selatan, Tantawi Haris  yang pada kesempatan ini sebagai narasumber dan  Aslinda dari Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan.
 
Acara yang dibuka secara resmi oleh Angggota Komisioner KPU Kabupaten PALI, Sarwo Edy, ini berjalan lancar  dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dari transfer knowledge dengan narasumber terkait pelaporan penggunaan Dana Hibah Pemilu. Melalui pemahaman yang baik maka proses penyusunan Laporan Penggunaan Dana Hibah dapat terlaksana sesuai rencana tanpa penyelewengan. Upaya ini menjadi langkah KPU Kabupaten PALI untuk mencapai target opini WTP 100% yang merupakan target KPU Pusat.
 
Sebagai narasumber, Tantawi memberikan beberapa poin perhatian dalam penggunaan Dana Hibah Pemilu. Pertama, dari sisi ketersediaan anggaran, KPU harus memastikan bahwa penggunaan dana hibah telah tercantum dalam perencanaan sehingga ketersediaan anggaran dapat dipastikan. Kedua, dari sisi pelaksana anggaran yang mana adanya beberapa penggunaan dana hibah diantaranya PPK, bendahara, dan PPSPM. Sekretariat KPU harus memastikan pelaksanaan anggaran dalam menjalankan tugas sesuai dengan bukti yang diperlukan. Bukti penggunaan dana hibah itu dapat terkomentasi dengan baik dan memiliki nilai keandalan yang tinggi. Hal ini menjadi faktor penting dalam meningkatkan akuntabilitas pelaporan.
 
Kegiatan Bimtek merupakan salah satu upaya BPKP untuk menjalankan fungsi konsultasi kepada mitra kerjanya. Bimtek yang dilakukan Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan salah satunya. Dengan terselenggaranya Bimtek ini, diharapkan Badan Ad Hoc (PPK) tingkat kecamatan mampu melakukan penyusunan laporan penggunaan dana hibah pemilihan bupati dan wakil bupati  PALI secara profesional, akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
(Kominfo BPKP Sumsel)
 


Share      

Berita Terkait:

05 Juli 2020 09:02:51 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi Pelaksanaan PBJ dalam Penanganan Covid-19
25 Juni 2020 15:39:18 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Rapat Koordinasi BPKP bersama Gugus Tugas Covid-19
25 Juni 2020 15:38:58 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sosialisasi dan Bimtek di Lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan
19 Juni 2020 17:16:32 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Dialog Interaktif Virtual bersama RRI
14 Mei 2020 20:11:29 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sumatera Selatan dan KPK Kawal Akuntabilitas Penanganan Covid-19