Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

INSPEKTUR DAERAH DIHARAPKAN MAMPU MENJADI “TRUSTED ADVISOR” BAGI KEPALA DAERAH
27 Pebruari 2019 19:05:25 / sumsel / dibaca: 215 kali / Kat: APIP

Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumatera Selatan, menggelar Rapat Koordinasi , Workshop Perencanaan Audit Berbasis Risiko dan Audit Kinerja yang diikuti oleh APIP yang berasal dari 18 Inspektorat Kabupaten/Kota/Provinsi.

Selasa (26/2) - Wakil Walikota Lubuklinggau, Bp. Sulaiman Kohar, secara resmi membuka Rapat Koordinasi AAIPI Wilayah Sumatera Selatan dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas APIP yang Berkelanjutan Dalam Rangka Memberi Nilai Tambah Bagi Pemerintah Daerah” yang dilangsungkan di Hotel Dewinda Lubuklinggau.

Dalam sambutannya, Bp. Sulaiman Kohar mengatakan Pengawasan Intern pemerintah merpakan fungsi manajemen yang penting dalam penyelenggaraan pemerintah. Melaui pengawsan intern, dapat diketahu apakah suatu instansi pemerintah telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kebijakan yang telah dtetapkan dengan berbagai ketentuan.

Dirinya berharap, dengan adanya rapat Koordinasi AAIPI yang dilaksanakan ini dapat mengedapankan tugas dan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada unit kerjanya, sehingga dapat mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel yang didukung dengan auditor yang independen, objektif dan kompeten, sehingga menghasilkan hasil audit yang berkualitas, serta mematuhi kode etik APIP untuk menjaga prilaku auditor dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Bp. Gillbert A.H. Hutapea yang sekaligus ketua AAIPI wilayah Sumatera Selatan mengatakan, peran APIP tidak hanya sekedar menyelesaikan temuan hasil pemeriksaan saja akan tetapi juga mampu menjadi Trusted Advisor/Penasihat Terpercaya kepada Top Management dalam hal ini Kepala Daerah atas kegiatan maupun suatu pekerjaan  yang berindikasi melawan hukum yang muaranya merugikan negara.

Selain itu, Gillbert menambahkan, auditor internal juga harus bersiap menuju era revolusi industri 4.0, dimana auditor harus memiliki strategi. Strategi tersebut diantaranya penguasaan soft skill, baik interpersonal skills mapun intra-personal skills, integritas, kompetensi, networking dan sertifikasi. Dengan adanya Asosiasi Auditor Intern Indonesia (AAIPI) ini dirinya berharap, para auditor dapat meningkatkan profesionalisme dan mewjudkan tata pemerintahan yang baik agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan disegala bidang.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini, Kajari Kota Lubuklinggau, Kapolresta Lubuklinggau, Korwas P3A BPKP Sumsel, Forkompimda dan para peserta yang berasal dari 18 Inspektorat Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Sumatera Selatan.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan Telaah Sejawat yang dilakukan antara Ketua AAIPI wilayah Sumsel dengan 7 Inspektur Kab/kota yang disaksikan juga oleh Wakil Walikota, Kajari, Kapolresta Lubuklinggau.  

(Humas BPKP Sumsel)



Share      

Berita Terkait:

24 April 2018 14:44:18 / sumsel / dibaca: kali / Kat: APIP
MENJAGA KUALITAS AUDIT DENGAN MELAKSANAKAN TELAAH SEJAWAT
22 Maret 2013 11:10:24 / sumsel / dibaca: kali / Kat: APIP
Forbes APIP Sumsel, Dorong Kepala Daerah Efektifkan Peran Inspektorat Lewat Audit Charter