MENJAGA KUALITAS AUDIT DENGAN MELAKSANAKAN TELAAH SEJAWAT

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sumsel sekaligus Ketua Dewan Pengurus AAIPI wilayah Sumsel, Gillbert A.H. Hutapea, dan dihadiri oleh Ketua Komite telaah sejawat, Rudi Thamrin (Inspektur Kab. Lahat), Direktur Eksekutif AAIPI, Bambang Wirawan (Inspektur Prov. Sumsel) serta para anggota AAIPI yang terdiri dari 94 orang Auditor Inspektorat se-Sumatera Selatan.

Dalam laporan ketua panitia, Sudarto (Korwas P3 APIP BPKP Sumsel), workshop ini dilaksanakan berdasarkan pedoman Telaah Sejawat yang diterbitkan Oleh AAIPI dan kesepakatan  pada Rapat Koordinasi AAIPI Wilayah Sumatera Selatan pada tanggal 22 Maret 2018 di Lubuklinggau, yang menyepakati perlunya dilakukan Workshop Telaah Sejawat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sumsel, Gillbert A.H. Hutapea, dalam arahannya menekankan pentingnya Standar profesi yang telah diatur oleh AAIPI dalam rangka Audit Internal sehingga persepsi APIP dalam melakukan audit nantinya sama dan sesuai dengan standar yang telah diatur AAIPI.

Lanjutnya lagi, Dilakukannya kegiatan telaah sejawat antar APIP atau peer review ini adalah untuk mendapatkan saran perbaikan kinerja yang dapat memberikan nilai tambah kepada organisasi, dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor yang berkompeten dan dilengkapi pedoman kerja yang memadai serta benchmarking sebagai bukti bahwa APIP telah mengikuti International Best Practice, mengetahui tingkat kesesuaian aktifitas dengan standar AAIPI/sebagai bukti kepada stakeholder tentang kualitas APIP. “Ujar Kaper.

Dalam kesempatan yang sama, Rudi Thamrin (Inspektur Kabupaten Lahat) selaku ketua komite Telaah Sejawat mengatakan, Workshop Telaah Sejawat ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi sehingga pelaksanaan telaah sejawat dapat berjalan secara efektif, efisien, independent dan objektif sehingga informasi yang dihasilkan dapat bermanfaat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan dan pelatihan melaukan telaah sejawat.   

(Humas BPKP Sumsel)/am