WORKSHOP SIMDA PERENCANAAN

Workshop yang dilaksanakan 15-17 November 2017 di ruang meeting hotel Santika Palembang tersebut dibuka langsung oleh Walikota Palembang, Bp. Harnojoyo Rabu (15/11).

Pada kesempatannya menyampaikan sambutan, Bp. Harnojoyo mengatakan turut mendukung kegiatan workshop yang dilaksanakan di Kota Palembang dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan para pejabat perencana daerah dan pejabat pengelola keuangan daerah di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih sehingga pembangunan yang dilaksanakan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah.

Sementara itu, Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Pusat, Bp. Gatot Darmasto didampingi Kepala Perwakilan BPKP Sumsel, mengatakan permasalahan yang terjadi dipemerintahan diantaranya adalah ketidaksingkronan antar tahapan, terutama tahapan perencanaan dan tahapan penganggaran.

Selain itu, Bp. Gatot Darmasto juga menyoroti kasus korupsi yang terjadi pada pemerintahan yang disebabkan oleh lemahnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Kelemahan-kelemahan yang terjadi itu tentunya akan berdampak pula pada pembangunan daerah yang tidak tercapai dengan maksimal.

Untuk itu BPKP memfasilitasi pemerintah daerah dalam menyusun dokumen perencanan daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku agar efektif, efesien, transparan, dan akuntabel. Salah satu upaya yang dilakukan BPKP yaitu dengan membangun SIMDA Perencanaan yang terintegrasi dengan SIMDA Keuangan.

(Humas BPKP Sumsel)/am