Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

KALAN BPK SUMSEL BERIKAN KULTUM KEPADA PESERTA BIMTEK SISKEUDES
11 Oktober 2017 08:47:06 / sumsel / dibaca: 86 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kepala Perwakilan (Kalan) BPK RI Prov. Sumsel, Maman Abdulrachman, melakukan kunjungan kerja balasan ke Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Dalam Kunjungannya ke Perwakilan BPKP Prov. Sumsel, Maman Abdulrachman disambut baik oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sumsel, Gillbert A.H. Hutapea di ruang kerjanya. Selasa (10/10).

Pada kesempatannya, Maman Abdulrachman menyampaikan apresiasi kepada BPKP yang telah mendampingi Pemda di wilayah Sumatera Selatan, sehingga hampir 100% Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Sumsel memperoleh raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Tentunya hal tersebut tidaklah mudah, terlebih lagi di setiap daerah mempunyai karakter SDM berbeda-beda, setidaknya butuh semangat kerja yang gigih untuk mendorong setiap Pemda agar berkomitmen menjaga Akuntabilitas dan Transparansi Tata Kelola Keuangan Daerah masing-masing. "Imbuh Kalan BPK.

 Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan , Gillbert A.H. Hutepea yang saat itu didampingi Kepala Bagian Tata Usaha. Hartanto SP, mengaku sangat bersyukur dengan adanya peningkatan opini dari BPK, pasalnya, pasca peralihan ke Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Basis Akrual banyak ke Khawatiran akan terjadinya penurunan opini, akan tetapi syukurlah, berkat kerja keras rekan-rekan BPKP, hal tersebut tidak terjadi.

selain itu, Gillbert A.H. Hutapea menambahkan, selain tata kelola keuangan daerah,  BPKP saat ini sedang mengejar target yang juga tidak mudah, yaitu meningkatkan Level Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) ke Level 3 (skala 0 sampai 5) yang pada tahun 2019 mendatang level APIP  mencapai target  85% berada pada level 3. Hal tersebut tertuang dalam RPJMN Tahun 2015-2019.

Diakhir pertemuan, Gillbert A.H. Hutapea langsung mengajak Kalan BPK, Maman Abdulrachman meninjau langsung lokasi ruang Bimbingan Teknis Implementasi Siskeudes dan ruang konsultasi peningkatan kapabilitas APIP. Pada kesempatannya meninjau langsung ruang bimtek Siskeudes, Kalan BPK, Maman Abdulrachman memberikan pidato singkat terkait dengan pengelolaan dana desa. "Seluruh peserta diharapkan benar-benar harus menyerap seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber, karena setiap tahun dana yang dikucurkan ke desa semakin banyak semakin meningkat, apabila tidak di kelola dengan benar, maka akan menjadi temuan bagi auditor eksternal yaitu BPK". imbuh Kalan.

"Kalan juga mengingatkan, agar dana desa tersebut dipergunakan dengan tepat sasaran dan pencatatannya juga harus tertip, dan jangan main-main dengan dana desa. sudah banyak contoh kepala desa yang terjerat ke permasalahan hukum karena mempergunakan dana tersebut dengan tidak benar/menyimpang". ujar kalan.

(Humas BPKP Sumsel)/am



Share      

Berita Terkait:

23 September 2017 17:37:28 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KUNJUNGAN KERJA KAPOLDA KE BPKP SUMSEL
18 Agustus 2017 10:35:07 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
WARNA INDONESIAKU DI BUMI SRIWIJAYA
19 Juli 2017 18:04:22 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
MEMPERERAT TALI SILATURAHIM MELALUI HALAL BI HALAL
26 Mei 2017 16:27:35 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SAMBUT BULAN RAMADHAN DENGAN KEGEMBIRAAN
23 Mei 2017 19:09:20 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BERBAGI BERKAH UNTUK ANAK PANTI ASUHAN


Tentang Perwakilan BPKP Sumatera Selatan
Sambutan
Tupoksi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Mitra Kerja BPKP Sumsel
Profil Provinsi Sumatera Selatan
Perkembangan Opini Laporan Keuangan Pemda
Seputar Sumsel
Objek Pariwisata
Level APIP Tahun 2016
Informasi Publik
Laporan Kinerja Triwulanan
Profil Indikator Outcome
Download Aturan Perilaku Pegawai BPKP
Buku Saku Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa
Perjanjian Kinerja

ALAMAT KAMI

Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan
Jl. Bank Raya No. 2 Demang Lebar Daun - Palembang
Telp. (0711) 311154, 374982, Faks (0711) 374987
Email : sumsel@bpkp.go.id