KOORDINASI HASIL PEMANTAUAN DAN EVALUASI PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL SMP DI WILAYAH SUMSEL

Bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sumsel, telah dilangsungkan evaluasi penyelenggaraan UN SMP dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD)  Jum’at(14/5).

Hadir dalam FGD ini, Kepala Perwakilan BPKP Sumsel Iman Achmad Nugraha didampingi Kabidwas IPP Tumpak Pasaribu, dan dari Irjen Kemendikbud serta pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Palembang

Dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prov. Sumsel, Widodo menyabut baik keterlibatan BPKP dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi UN. Evaluasi ini dianggapnya sangat penting kerena dari evaluasi ini kami dapat dapat menyerap informasi sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan UN di Sumsel serta apa-apa saja yang harus di benahi untuk Ujian Nasional di Tahun mendatang, “Ungkap Kadis.

Dalam pertemuan ini, Iman Achmad Nugraha menyampaikan bahwa dari pantauan BPKP sejauh ini Ujian di berlangsung dengan lancar, namun ada beberapa poin penting yang harus dibenahi akan tetapi tidak terlalu prinsip, seperti papan pengumuman Ujian Nasional, papan nama di pintu kelas yang menginformasikan tempat duduk siswa tidak terdapat foto siswa/siswi serta pengumuman tata tertib selama ujian. Hal ini mungkin dikarenakan masih kurangnya sosialisasi kepada pengawas ujian.

Senada dengan Kepala Perwakilan, Tumpak Pasaribu juga menyampaikan di sejumlah sekolah, masih terdapat siswa/siswi yang datang telat dan ada juga yang tidak dapat mengikuti Ujian, padahal ini adalah kewajiban sekolah untuk menjamin seluruh siswa/siswinya mengukuti ujian nasional. Maka disarankan, agar pihak sekolah mengupayakan agar siswa yg tdk bisa hadir dilakukan ujian susulan. Lebih lanjut disampaikan agar Pemda Sumsel mengupayakan sistim ujian Computer Based Test secara bertahap dengan fasilitas listrik dan internet yg memadai.

Sementara itu, Irjen Kemendikbud mengatakan bahwa ini adalah paradigma baru didalam tubuh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengajak seluas-luasnya lembaga pengawas untuk turut memantau berlangsungnya Ujian Nasional. Ini dilakukan demi perbaikan yang berkesinambungan agar kedepannya penyelenggaraan kegiatan UN ini lebih baik lagi. Dari pantauan tim Irjen Kemendikbud, masih terdapat permasalahan antara lain pihak sekolah masih melibatkan guru untuk melakukan pengawasan UN di sekolah, untuk kedepan ini harus diperbaiki dan diatur lagi bagaimana pengendaliannya.

(Humas BPKP Sumsel)/AM