PENYERAHAN LHP TH 2015 SEKALIGUS LAPOR PINDAH TUGAS

Dalam kesempatannya menyampaikan Ikhtisar laporan, Surya Negara menyampaikan bahwa laporan yang diserahkan ini adalah laporan pengawasan BPKP selama satu tahun yang terdiri dari pengawasan 4 perspektif yaitu Pengawalan Pembangunan Nasional, Peningkatan Kontribusi Ruang Fiskal, Pengamanan Aset Negara/Daerah dan Governance System. Dari empat perpespektif tersebut, Surya Negara menyebutkan BPKP menyarankan agar Gubernur Sumsel segera mengintruksikan kepada Bupati/Walikota menyediakan dana sharing atau menyediakan anggaran untuk pembangunan rehabilitasi sekolah. Selain itu, Surya Negara juga menyarankan perlu juga peningkatan penyaluran Program Pemerintah Pusat dan tepat sasaran seperti penyaluran kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan kartu lainnya yang menjadi program pemerintah pusat. 
 
Satu persatu dari empat perspektif disampaikan Surya Negara secara langsung dan beraudiensi dengan Gubernur Alex Noerdin. Di ujung penyampaiannya, Surya Negara menyampaikan laporan yang mengagetkan Gubernur dua periode ini, yaitu perihal pindah tugas dirinya ke BPKP Pusat sebagai Direktur pada Deputi Perekonomian. Ikhtisar laporan pengawsanpun ditutup sejanak oleh Alex Noerdin, lalu diucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mantan Kaper BPKP Sumsel yang senantiasa mengawal tata kelola keuangan di wilayah Sumatera Selatan. Sedikit tidak percaya tapi telah terjadi, "padahal tinggal satu tahun lagi" Ujar Alex. Maklum, Sejak kepemimpinan Surya Negara, hubungan dengan pemprov, pemkot dan pemkab terasa harmonis. Hal tersebut terlihat dari banyaknya permintaan Asistensi ke BPKP Sumsel.
 
Menanggapi (PT) Kepala Perwakilan BPKP Sumsel, Gubernur Alex Noerdin akan segera membuat surat edaran kepada Bupati/Walikota untuk menindaklanjuti saran dari BPKP. Alex Noerdin Juga mengucapkan terima kasih atas masukannya, dan mengapresiasi atas disampaikannya laporan hasil pengawasan ini sehingga dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan kegiatan pengawasan yang telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Sumsel.      
 
(Humas BPKP Sumsel)/AM