TINGKATKAN PEMAHAMAN SDM PEMDA TERKAIT SIMDA AKRUAL

Senin (09/11), Bertempat di Ruang Diklat Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, dilaksanakan pembukaan diklat “Implementasi Sistem Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual dengan SIMDA” yang di ikuti oleh SDM Pengelola Keuangan pada lingkungan BPKP dan Pemda kab/kota di wilayah Sumatera Selatan.

Acara Pembukaan Diklat ini di buka langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan IGB Surya Negara. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh ibu Eliyani Ratida selaku Kepala Bidang Diklat Teknis BAN Diklat Prov. Sumsel, dan Pejabat Struktural Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan IGB Surya Negara menyampaikan bahwa implementasi SAP Berbasis Akrual dengan menggunakan SIMDA 2.7 ini adalah masih sangat baru dan belum banyak yang tahu. Oleh karena itu, melalui Diklat ini diharapkan bagi SDM yang terpilih untuk mengukuti diklat yang dibiayai oleh STAR BPKP ini dapat mengikuti dengan serius dan dapat menularkan ilmu yang diperoleh serta mengawal dan memperkuat pengelolaan keuangan di lingkungannya masing-masing.

Surya Negara menambahkan, materi yang akan diberikan oleh para narasumber ini nantinya terkait dengan pengelolaan keuangan yang ujungnya bermuara ke laporan keuangan yang akan di audit kewajarannya oleh BPK. Jadi kita harus serius dalam implementasi SAP Berbasis Akrual, karena dapat berisiko penurunan opini LKPD oleh BPK. 

(Humas BPKP Sumsel)/AM