FGD Panduan Reviu Laporan Keuangan Pemda Berbasis Akrual

Berangkat dari hal tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Focus Group Discussion dengan tema “Panduan Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual”, yang dilaksanakan di ruang rapat Kepala Perwakilan BPKP Sumsel, Rabu (02/09).

Hadir dalam acara FGD ini, seluruh Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dan Inspektur yang berasal dari BPKP (DPIL)di wilayah Sumatera Selatan, Kepala Perwakilan IGB Surya Negara, Kabid APD Arif Ardiyanto dengan Narasumber dari BPKP Pusatbeserta auditor lainnya.

Mengawali acara, IGB Surya Negara menyampaikan bahwa hasil dari FGD ini akan dijadikan bahan penyusunan pedoman dalam melakukan reviu laporan keuangan berbasis akrual, karena selama ini sudah banyak pertanyaan dari Pemerintah Daerah ke Bidang APD. Untuk itu, jika nantinya telah berhasil pedoman ini disusun tentunya FGD ini nanti akan memberikan kontribusi yang berarti, sehingga tim BPKP Pusat dalam menyusun pedoman akan mendekati sempurna, dan feedback dari pedoman itu akan berguna juga bagi Pemda.

IGB Surya Negara berharap moment ini dapat dimanfaatkansebaik-baiknyadan meminta sumbang saran agar FGD ini berjalan sejalan dengan apa yang diharapkan bersama demi mewujudkan Pedoman Laporan Keuangan berbasis Akrual yang berkualitas.Acara FGD dilanjutkan dengan paparan materi Panduan Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual, dilanjutkan dengan diskusi.Para pejabat DPIL sangat antusias memberikan masukan dan mendiskusikan berbagai permasalahan dalam implementasi Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual.

(Humas BPKP Sumsel)AA/AM