Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

BPKP SUMSEL BEKALI PARA APARAT DESA DI BANYUASIN DENGAN APLIKASI \\\\\\\"SI ELOK DESA\\\\\\\"
09 Juli 2015 10:24:24 / sumsel / dibaca: 1862 kali / Kat: Sosialisasi

Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian bersama BPKP menggelar sosialisasi pembahasan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2015 di pendopoan Guest House Bupati Banyuasin. Selasa (7/7)

Sosialisasi yang diikuti sejumlah camat di Kabupaten Banyuasin ini lebih memperkenalkan Sistem Informasi Keuangan dan Aset Desa yang akan diterapkan oleh semua Kecamatan, Desa, maupun Kelurahan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Disebutkan oleh ketua tim dari BPKP Stefanus Hananto pada pengenalan Sistem Informasi yang digaungkan ini bernama “SI ELOK DESA” merupakan singkatan dari Sistem Infromasi Pengelolaan Keuangan Desa.

Bupati Yan Anton meyakini, aplikasi besutan BPKP Sumsel ini nantinya bisa berjalan dengan baik karena, yang membuatnya memang sesuai dengan kompetensinya. “tak perlu ragu, selain dapat aplikasi yang gratis, para aparat desa akan diberikan pembinaan. Jadi tunggu apa lagi, ini harus segara diterapkan”. Ungkap Bupati termuda di Indonesia ini kepada para camat dan SKPD.

“Kami juga berharap aplikasi ini dapat memungkinkan Pemkab Banyuasin memiliki data laporan yang telah masuk, jadi kita tidak akan kesulitan menghubungi server utama jika ditahun-tahun kedepan kita membutuhkan data yang lama.” Ungkapnya lagi.

Yan Anton juga berpesan kepada masyarakat Banyuasin, dengan adanya kucuran dana desa oleh Pemerintah Pusat ini agar dapat di manfaatkan dengan bijak untuk melakukan pembangunan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan IGB Surya Negara menjelaskan aplikasi ini tidak membutuhkan server khusus, sehingga dengan komputer yang Low End pun aplikasi ini dapat berjalan asalkan telah ter-install aplikasi Microsoft Office Excel. “Jadi tidaklah sulit, yang sulit itu membuat aplikasinya”. Selorohnya.

Disamping itu, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan juga akan bekerjasama dengan Pemkab Banyuasin melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) untuk membentuk Satuan Tugas yang diperkuat dengan SK Bupati. Satgas ini bisa berjumlah 20 sampai 30 orang, yang selanjutnya akan berikan pengetahuan pengelolan dana desa dan penggunaan aplikasi SI ELOK DESA.

(Humas BPKP Sumsel)AM/AA



Share      

Berita Terkait:

10 Maret 2017 14:26:07 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SOSIALISASI IMPLEMENTASI SIMA 4.0
11 Mei 2016 17:09:59 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SELAMATKAN DANA DESA DENGAN PENGAWALAN BERSAMA
03 Mei 2015 15:57:13 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Entry Meeting Korsupgah Korupsi di Kabupaten Lahat
06 Maret 2015 07:47:20 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sinergi Harmonis BPKP-BPK dalam Upaya Meningkatan Akuntabilitas Keuangan Daerah di Empat Kabupaten
05 Maret 2015 16:32:54 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Road Show Putaran ke-2 : Transfer Of Knowladge BPKP-BPK RI di Empat Kab/Kota