Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan

Sinergi Harmonis BPKP-BPK dalam Upaya Meningkatan Akuntabilitas Keuangan Daerah di Empat Kabupaten
06 Maret 2015 07:47:20 / sumsel / dibaca: 1751 kali / Kat: Sosialisasi

Setelah sukses memberikan pembekalan di 8 Pemda terkait tata kelola keuangan yang baik, maka pada hari Selasa - Kamis tanggal 3-5 Maret 2015, Kaper BPKP dan Kalan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melanjutkan roadshow putaran ke-3 yang menyusuri Sungai Ogan dan Sungai Komering dengan mengambil rute mulai dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), dan Ogan Komering Ilir (OKI). Tema yang diusung adalah "Penguatan Pengendalian Intern dan Pemeriksaan Keuangan dalam rangka Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Daerah"

Roadshow yang dilakukan oleh BPKP dan BPK ini mendapat respon positif dari para Bupati, Pimpinan SKPD, dan Forkompimda karena selain mendapat pembekalan, para peserta mendapat jawaban atau solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam diskusi dan tanya jawab dengan Kepala Perwakilan BPKP IGB Surya Negara dan Kepala Perwakilan BPK Sumsel I Gede Kastawa.

Dalam pembekalannya, Kalan BPK menyampaikan materi Pemeriksaan LKPD dan persiapan penerapan SAP berbasis akrual, serta berpesan kepada Bupati apabila ada kesulitan dalam implementasinya agar meminta bantuan BPKP.

Dalam sesi arahannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan IGB Surya Negara menyampaikan materi tentang penguatan pengendalian intern untuk peningkatan akuntabilitas keuangan daerah. Disamping itu, Surya Negara juga menyampaikan penguatan peran BPKP sehubungan dengan terbitnya Perpres Nomor 192/2014 dan Inpres Nomor 9/2014 serta peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat dan BPKP sebagaimana diatur dalam Pasal 385 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terkait pengaduan masyarakat.

Sesuai dengan UU tersebut, Surya Negara menyatakan intinya bahwa terhadap pengaduan masyarakat, APIP melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apabila bersifat administratif proses diserahkan kepada APIP, sedang apabila penyimpangan bersifat pidana, proses diteruskan ke APH. Dengan penerapan UU ini, Surya Negara berharap dapat menghilangkan perasaan "Andilau" atau “Antara dilema dan galau” dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

Terkait dengan berlakunya UU Desa, Surya Negara menjelaskan tentang dasar-dasar hukum penggunaan dana tersebut agar tidak terjadi Fraud di kemudian hari kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan para Camat yang hadir. Tidak sampai di situ saja, Kepala Perwakilan BPKP Sumsel IGB Surya Negara juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan kerjasama dengan Universitas Sriwijaya dalam hal pembekalan kepada Kepala Desa. Mekanismenya, BPKP akan membekali para mahasiswa tentang pembukuan sederhana, yang selanjutnya para mahasiswa akan menurunkan cara pembukuan tersebut ke Desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Sementara itu, menyikapi adanya kegalauan  tentang beda persepsi audit BPKP dan BPK, IGB Surya Negara  menegaskan bahwa tidak ada perbedaan persepsi dalam melaksanakan audit oleh BPKP dan Pemeriksaan oleh BPK. Semua  sesuai dengan standar audit  dan sesuai Tugas Pokok Fungsi masing masing lembaga. Selain menjalankan tugas audit intern, BPKP juga mempunyai tugas untuk memberikan konsultasi kepada pemerintah daerah. Terkait tugas ini, IGB Surya Negara mengibaratkan peran BPKP sebagai pemberi bimbel kepada Pemda, sementara BPK adalah penguji dan Pemda adalah yang diuji.

Setelah acara pemaparan dari BPKP dan BPK, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar permasalahan pengelolaan keuangan pada berbagai SKPD dan LSM. 

(Humas BPKP Sumsel)AM/AA



Share      

Berita Terkait:

10 Maret 2017 14:26:07 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SOSIALISASI IMPLEMENTASI SIMA 4.0
11 Mei 2016 17:09:59 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SELAMATKAN DANA DESA DENGAN PENGAWALAN BERSAMA
09 Juli 2015 10:24:24 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP SUMSEL BEKALI PARA APARAT DESA DI BANYUASIN DENGAN APLIKASI \\\\\\\"SI ELOK DESA\\\\\\\"
03 Mei 2015 15:57:13 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Entry Meeting Korsupgah Korupsi di Kabupaten Lahat
05 Maret 2015 16:32:54 / sumsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Road Show Putaran ke-2 : Transfer Of Knowladge BPKP-BPK RI di Empat Kab/Kota