Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

BPKP Sumbar Dampingi Pemerintah Kabupaten Agam untuk Menangani Dampak Covid-19
19 Juni 2020 16:22:32 / sumbar / dibaca: 298 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Padang (17/6)Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Agam beserta pimpinan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD)di Lingkungan Kabupaten Agam melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Diseease (Covid-19)

Rapat koordinasi dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Rabu tanggal 17 Juni 2020. Zoom meeting diikuti oleh Kepala Perwakilan BPKP Sumatera Barat yang diwakili oleh Jun Suwarno sebagai Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Sekretaris Daerah (Drs. Martias Wanto, MM) dan pimpinan beberapa OPD  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam antara lain Kepala Bakeuda, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatandan beberapa rekanan/penyedia.

Acara dibuka dan dipandu langsung oleh Bapak Junaidi Bsc, SH selaku Asisten Administrasi Umum (Asisten III) SekretariatDaerah Kabupaten Agam. Rapat koordinasi dilanjutkan dengan penyampaian laporan dan permasalahan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Agam, Hendri G. Pemerintah Daerah Kabupaten Agam telah melakukan Refocusing dan Realokasi Anggaran Tahap I dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 sesuai arahan dari Pemerintah Pusat untuk melakukan penyesuaian anggaran Belanja Barang dan Jasa dan Belanja Modal. Dalam proses penyesuaian anggaran terdapat beberapa pekerjaan fisik konstruksi dan pengadaan barang modal di Lingkungan OPD Pemerintah Kabupaten Agam dalam proses pengadaan dan telah ditandatangani kontraknya. Pemerintah Kabupaten Agam meminta saran dan masukan kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menghadapi permasalahan pengadaan barang/jasa tersebut.

Jun Suwarno, menyampaikan langkah-langkah yang perlu dilakukan segera oleh Pemerintah Kabupaten Agam terkait permasalahan pengadaan barang/jasa antara lain Pemerintah  Kabupaten Agam segera menginventarisir kontrak-kontrak pekerjaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan OPD Kabupaten Agam, menghitung serta memperkirakan nilai kontrak dan tagihan yang akan dibayarkan kepada penyedia/rekanan. Kemudian melakukan telaah terhadap pekerjaan-pekerjaan tersebut yang merupakan kegiatan prioritas sesuai APBD Tahun Anggaran 2020 dan yang tidak prioritas.Hasil inventarisir kontrak dan telaah tersebut dapat digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam untuk memutuskan kebijakan terkait penyelesaian kontrak PBJ dilanjutkan sampai akhir tahun anggaran 2020 atau penyelesaian pekerjaan dengan penghentian kontrak sementara (penyelesaian kontrak dilanjutkan tahun anggaran 2021) maupun penghentian kontrak secara permanen. Kebijakan penyelesaian kontrak PBJ tersebut dilakukan sesuai dengan hasil kesepakatan, musyawarah dan mufakat antara para pihak yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa dengan didukung Berita Acara Kesepakatan dan dokumen-dokumen administrasi yang diperlukan.

Pada akhir rapat koordinasi, Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Agam menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat atas kesediaan waktu, saran serta masukan yang telah diberikan dalam rangka percepatan penanganan . Kedepannya, Junaidi berharap komunikasi dan koordinasi yang telah terjalin antara Pemerintahda Kabupaten Agam dan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat terus ditingkatkan. Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengawal akuntabilitas keuangan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

19 Juni 2020 10:40:02 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Dialog Interaktif RRI Bukittinggi Bersama Kaper BPKP Sumbar
28 April 2020 11:45:58 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sumbar Siap Kawal Bantuan Sosial
24 April 2020 12:16:18 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Komitmen BPKP Sumbar Kawal Akuntabilitas Keuangan dalam Penanganan COVID-19
24 Maret 2020 08:35:51 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Penyemprotan Disinfektan pada Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat
13 Maret 2020 16:25:30 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kaper Sumbar Terima Kunjungan Wali Kota Solok dan Wali Kota Sawahlunto