BPKP Sumbar Menyampaikan Materi ISO 31000: 2018 Risk Management Guidelines pada PT Semen Padang

Pelatihan manajemen risiko dimulai pada hari Senin tanggal 9 Maret 2020 bertempat di ruang pendidikan dan pelatihan PT Semen Padang, dibuka oleh Kepala Biro GCG & MR PT Semen Padang, bapak Ghufron Febrianto. Bapak Ghufron menyampaikan bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan manajemen risiko pada  PT Semen Padang sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk memberikan peningkatan kompetensi kepada pegawai khususnya kepada Pemilik Risiko (Risk Owner) pada unit kerja PT Semen Padang.  Bapak Ghufron mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang telah mengisi acara pelatihan manajemen risiko dan yang sebelumnya telah melakukan asesmen terhadap Maturity Level Risk Management PT Semen Padang tahun 2019. Acara pembukaan pelatihan manajemen risiko dilanjutkan dengan penyampaian materi Penerapan Manajemen Risiko ISO 31000 : 2018 oleh Slamet Susanto selaku Kepala Bagian Tata Usaha pada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Slamet Susanto menyampaikan kepada peserta diklat tentang pengertian risiko dan manajemen risiko, perbedaan kerangka penerapan manajemen risiko Australia Standard/New Zealand Standard 4360 : 2004, COSO ERM Integrated Framework tahun 2004, dan ISO 31000 Risk Management Guidelines on Principles and Implementation of Risk Management 2009 serta perbedaannya dengan ISO 31000 : 2018 Risk Mangement Guidelines. Slamet Susanto juga menjelaskan aturan main penerapan manajemen risiko yang baik sesuai  Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN, tahapan penerapan manajemen risiko menurut Komite Nasional Kebijakan Governance, pihak yang berperan dalam penerapan manajemen risiko dan model Pertahanan Tiga Lapis (Three Lines of Defence), dan hasil survei Center for Risk Management Studies Indonesia pada tahun 2018 atas penerapan manajemen risiko di Indonesia. Penyampaian materi diselingi dengan penyampaian video tentang “Kita Sesungguhnya Telah mengenal Manajemen Risiko” dan “Risk Assessment Tool” serta tanya jawab.

Setelah penyampaian materi manajemen risiko selesai dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian cendera mata oleh bapak Ghufron kepada Slamet Susanto dan foto bersama.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar