Kaper BPKP Sumbar dan Kapolda Sumbar Tingkatkan Koordinasi

Pertemuan yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut tidak hanya dihadiri oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumatera Barat, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, dan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat.

Pada Pertemuan tersebut, Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. menyampaikan agar BPKP terus membantu tugas Kepolisian Daerah Sumatera Barat salah satunya pada penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Mantan Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri tersebut juga menyampaikan bahwa berdasarkan instruksi dari Kapolri, agar Polda Sumbar menjalin komunikasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumbar (sebagai Pembina SPIP) untuk terus mengawal perkembangan kapabilitas APIP di Polda Sumbar. Kapolda Sumbar juga mengarahkan jajarannya agar terus menjalin koordinasi dengan BPKP untuk peningkatan level maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Tidak hanya itu, berhubung dengan pilkada semakin dekat, Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. mengingatkan BPKP untuk ikut mengawasi money politic.

Kepala Perwakilan BPKP Buyung Wiromo Samudro menyatakan bahwa BPKP siap untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara dan meningkatkan koordinasi dengan Kepolisian Daerah Sumatera Barat terutama dalam peningkatan level maturitas SPIP. Acara pertemuan ditutup dengan foto bersama.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar